Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca

  • Whatsapp

LUMAJANG,beritalima.com- Untuk meningkatkan masyarakat gemar membaca dalam menggali sumber pengetahuan, Plt. Bupati Lumajang, dr. Buntaran Supriyanto, M.Kes., membuka acara Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca di Aula BKD Kabupaten Lumajang, Sabtu (03/03/2018).

Gerakan Nasional tersebut mengambil tema yaitu “Implementasi Revolusi Mental Melalui Mobilisasi Pengetahuan dalam Meningkatkan Indeks Kegemaran Membaca Masyarakat”.
Plt. Bupati Lumajang, dr. Buntaran Supriyanto, M.Kes., menyampaikan bahwa literasi sangatlah penting, sejalan dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin maju.

Dalam hal ini maka pegiat literasi sudah seharusnya juga mengikuti perkembangan kemajuan teknologi dan dapat mengambil manfaat dari teknologi informasi tersebut.
Lebih jauh, Plt Bupati menjelaskan bahwa ketersediaan dan kemudahan akses bahan pustaka dan sumber informasi bermutu untuk masyarakat Lumajang sangat diperlukan. Untuk itu, berbagai upaya agar kebutuhan tehnologi masyarakat Lumajang dapat terpenuhi.

Kebutuhan informasinya terus dilakukan, seperti bekerjasama dengan pemerintah di tingkat nasional termasuk perpustakaan nasional, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Jatim dan berbagai pihak / stakeholder terkait.
“Melalui safari gerakan nasional membaca diharapkan dapat mendorong seluruh lapisan masyarakat untuk makin meningkatkan kegemaran membaca, khususnya di Kabupaten Lumajang”, ujar Plt. Bupati.

Di pihak lain, Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca, Drs. Deny Kurniadi, M.Hum., menjelaskan bahwa peran perpustakaan adalah untuk menghubungkan antara sumber pengetahuan dengan pengguna pengetahuan, perpustakaan juga sebagai rumah, sumber pengetahuan dan pustakawannya sebagai katalisator dalam usaha mempercepat proses desiminasi pengetahuan tersebut.

Baru-baru ini, Kabupaten Lumajang mendapatkan mobil perpustakaan keliling yang dilengkapi dengan buku berisi 400 judul serta 800 eksemplar buku, laptop, proyektor, pengeras suara dan digital signage (Jwo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *