Sah! Caruban Menjadi Ibukota Kabupaten Madiun

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Sah! Caruban, resmi menjadi ibukota Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Penyerahan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Pergantian Nama Ibukota Kabupaten Madiun ini, diserahkan oleh Plt. Direktur Topomini Batas Daerah Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Heru Santoso, kepada Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami, di Pendopo Ronggo Jumeno, Caruban, Jumat 29 Maret 2019.

Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2019 ini, merupakan perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2010 tentang Pemindahan Ibu Kota Kabupaten Madiun dari wilayah Kota Madiun ke Wilayah Kecamatan Mejayan.

Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2019 ini, sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kabupaten Madiun. Karena sebelumnya, nama ibukota Kabupaten Madiun bernama Mejayan, dan telah berganti serta disahkan menjadi Caruban. Pergantian nama ini, ditandatangani oleh Presiden RI, Joko Widodo, 23 Januari 2019.

Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami, menyampaikan, semoga kedepan nama Caruban akan menjadi dampak yang positif dan tidak ada lagi pertentangan terkait nama Caruban.

“Nama Caruban akan membawa dampak bagi seluruh masyarakat berupa spirit bagi masyarakat Kabupaten Madiun dalam rasa memiliki. Tindak lanjutnya akan kita sampaikan ke instansi yang membutuhkan salinan PP ini yang kemudian untuk dijalankan,” ujar H. Ahmad Dawami.

Bupati berharap, kedepan semakin menumbuhkan rasa handarbeni bagi masyarakat terhadap keberadaan serta tanggungjawab pengembangan Caruban di masa yang akan datang.

“Baik secara fisik maupun kearifan lokal budaya. Apalagi, hasil industri UMKM selama ini menjadi identitas dan kebanggaaan masyarakat Kabupaten Madiun,” pungkasnya.

Hadir pada penyerahan PP ini diantaranya Wakil Bupati H. Hari Wuryanto, jajaran Forkopimda, Sekda Tontro Pahlawanto, pimpinan OPD, Camat dan perwakilan tokoh agama serta organisasi masyarakat gerakan Caruban. (Dibyo).

Ket.Foto: H. Ahmad Dawami (nomor 3 dari kiri)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *