Sakit Kerongkongan Saat Menelan

  • Whatsapp
Dr. dr. Robert Arjuna MD PhD

Oleh :
DR.dr.Robert Arjuna FEAS *
Pada musim pandemi semua orang mengalami keluhan sesak nafas dan sakit tenggorokan,namum sakit kerong
kongan belum tentu adalah covid bisa disebabkan faktor lainnya.“Kebanyakan orang berpikiran bahwa tenggorokan yang terasa sakit saat menelan disebabkan oleh adanya peradangan. Namun, hal tersebut belum tentu menjadi penyebab utamanya. Sebab, selain radang ada berbagai penyebab lain yang membuat tenggorokan terasa sakit saat menelan. Misalnya seperti luka pada tenggorokan, penyakit asam lambung, infeksi yang menyebabkan flu dan sinus, hingga adanya infeksi bakteri.”

Kamu pasti pernah merasa tidak nyaman saat mengalami sakit tenggorokan. Gangguan tersebut menyebabkan kamu sakit saat menelan dan aktivitas juga menjadi terganggu karena rasa tidak nyaman yang timbul. Maka dari itu, sakit tenggorokan yang terjadi harus segera diatasi.1Umumnya, penyebab sakit saat menelan disebabkan oleh radang. Padahal, tidak semua sakit tenggorokan disebabkan oleh hal tersebut. Maka dari itu, kamu harus tahu hal lainnya yang dapat menyebabkan tenggorokan sakit.
Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan rasa sakit saat menelan adalah flu, batuk kronis, radang amandel (tonsilitis), tukak atau luka pada kerongkonan, asam lambung yang naik ke kerongkongan (refluks asam lambung) dan infeksi atau radang tenggorokan.Selain itu, sakit tenggorokan yang menyebabkan rasa sakit saat menelan juga bisa disebabkan oleh infeksi virus Corona atau COVID-19. Penyakit ini biasanya juga akan menyebabkan gejala lain, seperti demam, batuk, dan sesak napas.

Terdapat banyak alasan kenapa seseorang mengalami sakit saat menelan. Hal tersebut mungkin saja disebabkan oleh infeksi atau pil yang tertelan melalui jalur yang salah. Walau begitu, kamu mungkin mengalami gangguan yang lebih serius dari dua hal tersebut.Kamu mungkin merasakan sakit di banyak bagian pada mulut, seperti tenggorokan, sepanjang kerongkongan, hingga bagian tengah dada. Untuk mengetahui gangguan tersebut secara pasti, kamu dapat menemui dokter, terutama jika gangguan tidak kunjung sembuh. Memastikan gangguan yang terjadi secara dini dapat mempercepat penyembuhan yang dilakukan.Walau begitu, kamu mungkin mengalami sakit tenggorokan yang tidak disebabkan oleh radang. Memang kebanyakan orang mengidentikkan gangguan pada tenggorokan dengan terjadinya peradangan, padahal belum tentu benar adanya. Selain radang, ini penyebab sakit saat tenggorokan yang sebabkan kesulitan menelan, antara lain:

PENYEBAB
1. Infeksi Bakteri
2. Luka pada Tenggorokan
3..Penyakit Asam Lambung
4. Infeksi yang Menyebabkan Flu atau Sinus
5. Kekeringan
6.Radang tenggorokan atau sore throat
7.Radang amandel
8.Difteri

Berikut adalah penyebab sakit saat menelan selain radang yang dapat menyerang bagian tenggorokan. Beberapa gangguan dapat menyebabkan kelainan yang parah. Maka dari itu, kamu harus senantiasa menjaga bagian tersebut dengan memperbanyak minum air putih dan mengonsumsi sesuatu yang lembut agar tenggorokan tidak terluka.

PENGOBATAN :
Antiinflamasi
Obat kumur
Antibiotik

Cara Mencegah Sakit Tenggorokan
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah sakit tenggorokan. Salah satunya adalah berhenti merokok (bagi perokok) dan menghindari asap rokok (bagi yang tidak merokok) agar tidak menjadi perokok pasif. Selain itu, salah satu penyebab dari sakit tenggorokan adalah infeksi akibat mengalami flu atau sinus. Oleh sebab itu, beberapa langkah untuk menghindari penyakit tersebut juga perlu dilakukan, antara lain:

1. Hindari bertemu orang yang sedang sakit.
2. Cucilah tangan secara rutin menggunakan air dan sabun.
3. Jangan berbagi makanan, minuman, atau peralatan makan.
4. Hindari menyentuh wajah bila belum mencuci tangan.
5. Mengonsumsi makanan yang sehat dengan gizi seimbang.
6. Pastikan waktu istirahat cukup.
7. Pastikan hidrasi tubuh terjaga (minum banyak cairan)

Demikiaan sekilas info semoga bermanfaat
• RobertoNews 1200《15.1.22(06.35)》

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait