Sakit Mata, Apa Solusinya ?

  • Whatsapp

Oleh:
DR.dr. Robert Arjuna FEAS*
Mata adalah ‘jendela hati kita”, kalau mara kita rusak bagaimana dunia ini ada kelihatan gelap gulita .
Pak Andreas mata kiri merah lagi ditutup dengan sehelai verband fimata kirinya dia takut menular ke orang lain.Bu Merry sakit mata kiri kanan ada bintilan di mata kiri sedang berobat mendapat obat dari dokter mata
Jadi sakit mata kelihatan umum dan murah mendapat perawatan dokter bagaimana cara menangani?

GEJALA MATA SAKIT;
1. Mata merah
2. Rasa sakit pada mata atau di sekitar salah satu mata
3. Air mata yang terus-menerus keluar
4. Mata terasa tidak nyaman, terasa ‘berpasir’ atau ada yang mengganjal
5. Mata terasa perih saat melihat cahaya yang terang

Pernah merasa mata terasa sakit saat berkedip? Meski terbilang kondisi yang ringan, tapi sebaiknya jangan menyepelekan masalah ini. Sebab, bisa saja mata sakit saat berkedip menandai adanya penyakit mata yang mungkin saja diidap.Sebenarnya banyak hal yang bisa menyebab mata sakit saat berkedip. Mulai dari infeksi, terpapar debu, hingga hal lainnya. Tak cuma itu saja, kondisi ini juga bergantung dengan aktivitas sehari-hari. Misalnya, durasi bekerja di depan komputer atau penggunaan lensa kontak.Mata yang terasa sakit saat berkedip ini pastinya akan menyebabkan rasa kurang nyaman pada mata. Lalu, apa sih hal-hal yang bisa menyebabkan mata sakit saat berkedip?

PENYEBAB SAKIT MATA ADALAH:
1. Iritasi
2. Alergi
3. Peradangan
4. Infeksi
5. Cedera
6. Peningkatan tekanan bola mata
7. Penuaan

ADA BEBERAPA MACAM SAKIT MATA
1. Mata merah :Kemerahan pada mata biasanya tampak pada bagian putih bola mata (sklera), yang disebabkan oleh pelebaran pada pembuluh darah mata.Hampir semua kasus sakit mata menimbulkan gejala berupa mata merah. Namun, salah satu penyakit yang paling sering dikaitkan dengan kondisi ini adalah konjungtivitis atau peradangan pada konjungtiva.

2. Mata perih dan terasa panas :Anda mungkin pernah mengalami gejala mata terasa perih dan muncul sensasi terbakar secara tiba-tiba. Terkadang, gejala tersebut juga diikuti oleh mata lebih mudah berair. Ini merupakan salah satu gejala yang perlu Anda waspadai.Penyebab yang paling umum adalah kondisi mata terlalu kering. Namun, menurut situs Cleveland Clinic, hal ini mungkin juga diakibatkan oleh adanya sumbatan pada saluran air mata.

3. Mata terasa gatal ;Mata gatal juga merupakan gejala sakit mata yang umum terjadi. Selain rasa gatal di mata, Anda mungkin juga akan merasakan gatal di kelopak mata. Rasa gatal juga bisa diikuti dengan gejala bengkak.Mata gatal paling sering diakibatkan oleh alergi. Kondisi ini terjadi ketika mata terpapar alergen seperti debu, polusi, bulu binatang, bahan tertentu pada make-up, atau obat tetes mata tertentu.

4. Mata bengkak :Anda mungkin sering kali mendapati mata Anda bengkak saat baru bangun atau sehabis menangis. Namun, jika pembengkakan berlangsung lebih dari 24-48 jam dan disertai dengan gejala tambahan seperti rasa nyeri dan penglihatan kabur, Anda harus waspada.Mata bengkak bisa jadi merupakan gejala berbagai jenis sakit mata, mulai dari konjungtivitis, bintitan, kalazion, hingga cedera mata. Pada kasus yang ringan, pembengkakan biasanya akan mereda dalam waktu beberapa hari.

5. Penglihatan kabur ;Penglihatan kabur atau buram sebenarnya merupakan salah satu gejala sakit mata yang umum. Mungkin saja Anda mengalami gangguan refraksi saat mengalami mata kabur.Namun, tak jarang pula kondisi ini terjadi akibat adanya penyakit lain yang sudah ada sebelumnya, seperti diabetes, stroke, katarak, serta glaukoma. diabetes melitus tipe 1

6. Mata kering :Mata yang kering terjadi akibat kurangnya produksi air mata, atau adanya masalah pada lapisan air mata Anda. Padahal, mata selalu membutuhkan air mata untuk menjaga kelembapan permukaannya.Terkadang, gejala mata kering juga disertai dengan gejala lain, seperti rasa sakit, penglihatan kabur, dan ada sensasi mengganjal di mata.

7. Mata berair atau belekan Kondisi mata yang terlalu berair justru menjadi pertanda bahwa mata Anda terlalu kering. Hal ini disebabkan karena mata akan berusaha mengatasi iritasi akibat kering dengan menghasilkan air mata sebanyak-banyaknya.Selain air mata, mata juga bisa dipenuhi oleh kotoran yang biasa Anda sebut belekan. Warna kotoran tersebut bisa bervariasi, seperti putih, kuning, atau hijau.

8. Mata melotot ;Mata melotot adalah salah satu gejala sakit mata yang perlu Anda waspadai. Pasalnya, mata melotot merupakan tanda dari penyakit graves. Penyakit graves merupakan gangguan sistem imun pada tubuh yang menyebabkan kelenjar tiroid tidak berfungsi dengan baik.

9. Lingkaran di sekitar kornea Corneal arcus, atau lingkaran abu-abu di sekitar kornea, merupakan lingkaran abu-abu yang muncul dan merupakan timbunan lemak. Jika Anda berusia di atas 40 tahun, hal ini wajar saja terjadi.Sebaliknya, jika Anda berusia di bawah 40 tahun, gejala sakit mata ini bisa menjadi tanda bahwa Anda memiliki kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Kadar kolesterol yang tinggi dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung koroner, stroke, diabetes melitus, dan gagal jantung.

10. Kelopak mata turun ;Kelopak mata yang turun biasanya memang alami terjadi pada kelompok lansia yang merupakan tanda penuaan yang alami terjadi. Tendon yang ada pada mata berfungsi untuk membuka, menutup, atau mengangkat kelopak mata.

11. Mata kuning :Gejala sakit mata lain yang perlu Anda waspadai adalah mata kuning. Mata dan kulit yang berwarna kuning merupakan salah satu tanda bahwa ada masalah pada fungsi hati.Kuning pada mata atau kulit muncul akibat bilirubin yang masuk ke pembuluh darah. Bilirubin merupakan zat pewarna untuk urine yang dihasilkan oleh hati. Hal ini dapat mengindikasikan bahwa hati terkena radang, infeksi, atau bahkan kanker.

12. Mata berkedut :Kondisi ini merupakan gejala sakit mata yang paling sering terjadi pada banyak orang dan umumnya tidak terlalu berbahaya. Mata berkedut biasanya dikaitkan dengan kelelahan, konsumsi kafein atau alkohol, dan merokok.Pada kasus tertentu, mata berkedut juga bisa menjadi tanda dari gangguan sistem saraf, seperti multiple sclerosis. Namun, bila kondisi ini merupakan gejala dan tanda dari multiple sclerosis atau gangguan sistem saraf, biasanya akan diiringi dengan kemunculan berbagai tanda dan gejala lain, seperti susah berjalan dan berbicara.

13. Rabun senja :Jika Anda susah melihat di waktu malam, atau ketika malam penglihatan Anda menurun, mungkin Anda mengalami katarak. Gejala ini juga biasa terjadi seiring dengan bertambahnya usia.

BEBERAPA METODE MENGOBATI SAKIT MATA
1. Kompres
2. Obat-obatan
3. Operasi

TINDAKAN PENCEGAHAN
1. Gunakan handuk atau tisu bersih setiap kali mengusap mata Anda.
2. Jauhi pemicu alergi, seperti debu, asap, atau udara kering.
3. Hindari mengucek mata karena akan memperparah kondisi Anda.
4. Hindari penggunaan lensa kontak ketika mata sedang bermasalah.
5. Kurangi waktu di depan layar komputer, laptop, telepon genggam, dan alat elektronik lainnya.
6. Pakai kacamata anti radiasi untuk melindungi mata dari sinar UV.
7. Jangan menyentuh mata dengan tangan yang kotor.
8. Cuci tangan secara rutin, khususnya setelah batuk atau bersin.
9. Gunakan obat tetes air mata buatan yang dijual bebas di apotek.
Mengatasi sakit mata sejak dini dapat membantu menjadi penglihatan Anda. Masalah mata yang tidak mengancam penglihatan sekali pun perlu ditangani dengan segera supaya Anda tetap nyaman dan kesehatan mata tetap terjaga.
Kiranya pengetahuan singkatan bermanfaat nagi para pembaca menghadapi sakit mata,dan terus waspadailah covid masih disekitar kita, jangan lupa pakai masker berdisplin dan ikuti vaksinasi lemgkap
RobertoNews 1519 《15.8.22(08.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait