Sambut Blok Masela, Nono: Pemkab Tanivar Harus Siapkan SDM Berkualitas

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono didampingi Bupati Kepulauan Tanibar, Petrus Fatlolon mengunjungi pembangunan kilang gas alam cair (Liquefied Natural Gas/LNG) di Desa Lermatang, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (KKT) akhir pekan ini.

Petrus mengatakan kesiapan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Tanimbar untuk mendukung Proyek Abadi Masela. Petrus juga mengajak seluruh jajaran, tokoh masyarakat, agama dan pemuda mendukung proyek strategis nasional tersebut.

“Operasional Blok Masela sebagai proyek strategis nasional diharapkan memberikan dampak besar buat Maluku, khususnya warga Kabupaten Kepulauan Tanimbar, terutama penyerapan tenaga kerja dalam jumlah besar,” kata Nono.

Menurut senator dari Dapil Provinsi Maluku ini pertambangan merupakan salah satu sektor unggulan yang diharapkan mampu mensejahterakan masyarakat Maluku di masa mendatang, selain perikanan dan pariwisata.

“Akan ada multiplier effect yang jumlahnya bisa ratusan ribu tenaga kerja yang terlibat. Karena itu, Pemkab Kepulauan Tanimbar harus menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas,” kata purnawiran TNI AL ini/

Menanggapi hal itu, Petrus menyambut baik dan segera mempersiapkan SDM Tanimbar sesuai dengan kebutuhan Blok Masela. Pemkab KKT telah mengirim anak-anak Tanimbar untuk kuliah di Politeknik Energy dan Mineral (PEM) Akamigas Cepu, Lulusan pertama telah mewisuda.

“Mereka kita magangkan di Blok-blok Migas di luar Maluku. Kemudian setelah Blok Masela beroperasi, mereka kembali ke Tanimbar, bekerja di Blok Masela,” ungkap Petrus.

Terkait dengan pernyataan Petrus soal SDM, Nono mengingatkan agar putra-putri Tanimbar meningkatkan disiplin dan etis kerja. “Harus disiplin dan menyiapkan diri sebaik-baiknya, meningkatkan pengetahuan dan keahlian agar mampu bersaing dan menjadi pemenang dalam persaingan global yang semakin kompetitif,” demikian Nono Sampono. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait