Sapi Kerap Asli Sumenep diharapkan Mampu Raih Piala Presiden 2019

  • Whatsapp
www.beritalima.com

SUMENEP, beritalima.com|Pemkab Sumenep menggelar Karapan sapi untuk memperebutkan piala Presiden RI di Madura. Kerapan sapi ini digelar hari ini, Ahad (15/9/2019) di lapangan Giling Sumenep, Madura Jawa timur.

Karapan sapi untuk memperebutkan piala Presiden RI

Bupati Sumenep DR. KH. A. Busyro Karim, MSi. melalui Sekda Edy Rasiyadi menyampaikan, kerapan sapi di Madura harus dilestarikan. Karena merupakan bagian dari kekayaan kultur budaya yang dimiliki Madura.

“Eksistensi kerapan sapi harus kita kembangkan selalu. Ini adalah wujud perhatian dan komitmen Pemerintah Daerah dalam melestarikan kerapan sapi,” terangnya.

Dikatakan Sekda, yang diikutkan dalam kerapan tersebut harus sapi lokal Sumenep. Tujuannya, untuk memperkuat kultur masyarakat Madura.

“Saya menyampaikan terimakasih telah mensukseskan acara ini, yang nantinya akan mewakili Kabupaten Sumenep di Piala Presiden di Kabupaten Bangkalan. Semoga terus berkomitmen dalam melestarikan budaya untuk terus memperjuangkan kerapan sapi ke generasi muda dan masyarakat Sumenep,” ujarnya.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Sementara Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep, Drs. Carto, MM, mengungkapkan, sesuai kesepakatan melalui paguyuban sapi bahwa sapi kerap yang mengikuti kerapan sapi tingkat Kabupaten tahun ini harus sapi asli Sumenep.

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

“Sapi pemenang di tingkat kewedanan harus sapi asli Sumenep, jadi kesepakatannya siapapun pemilik sapi sengaja membawa sapi dari luar daerah berlomba di tingkat Kabupaten harus didiskualifikasi,” ujarnya.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Carto menambahkan, setiap Eks Kawedanan mengirim enam pasang sapi kerap yang menjadi juara, sehingga jumlah sapi kerap tingkat Kabupaten Sumenep sebanyak 36 pasang.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

“Sapi kerap yang menjadi juara tingkat Kabupaten yakni juara 1 hingga 3 dari golongan menang dan juara 1 hingga 3 dari golongan kalah sebagai wakil Kabupaten Sumenep pada ajang paling bergengsi piala presiden Bulan Oktober di Kabupaten Bangkalan,” pungkasnya.

www.beritalima.com

Sebanyak 36 pasang sapi kerap yang berlomba di tingkat Kabupaten Sumenep 2019 berasal dari Eks Kawedanan Kota, Bluto, Batuputih, Ambunten, Guluk-guluk dan Sapudi.

(An)

www.beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *