Sarana Asian Games, Pemkot Palembang Siapkan Tiga Bus Air

  • Whatsapp

PALEMBANG, beritaLima. com –
Kota Palembang kembali mendapatkan bantuan dari kementerian perhubungan Republik Indonesia berupa bus air yang akan digunakan sebagai transportasi intermoda di perairan sungai musi Senin (09 / 07 /2018).

Dua buah bus air sudah sampai di Palembang dan akan menyusul satu buah bus air lagi.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang Kurniawan mengungkapkan, bantuan bus air ini merupakan hasil dari permohonan langsung dari Walikota Palembang H. Harnojoyo.

“Beberapa waktu yang lalu, Walikota meloby langsung pak Menteri untuk mendapatkan bus Air ini. Setelah melalui perjalanan panjang, Alhamdulillah hari ini 4 bus air sudah tiba dan sudah di ujicoba”, jelasnya.

Dirinya juga menjelaskan, bahwa spesifikasi yang dimiliki oleh bus air ini cukup canggih, selain mampu menampung 20 penumpang, bus air tersebut juga gunakan tenaga mesin ganda dengan kekuatan mencapai 500 PK.

“Ini bisa menampung hingga 20 penumpang, dan sudah menggunakan mesin ganda mencapai 500 PK, dilengkapi dengan 2 AC dan GPS, jadi spesifikasinya sudah sangat canggih,”imbuh Kadishub.

Masih dikatakannya, bus air tersebut kedepan akan resmi beroperasi sebagai angkatan umum setelah usai Asian Games.

“Pada saat Asian Games akan digunakan sebagai bus wisata air untuk para atlet dan official asian games. Pasca Asian Games, baru kita aktifkan untuk angkutan umum yang terintegrasi dengan LRT dan transmusi,” tambah Kurniawan.

Dalam pengelolaannya, lanjut Kurniawan, 5 bus air tersebut akan dikelolah langsung oleh SP2J, sementara 3 diantaranya, akan diserahkan kepada Pemerintah kota Palembang.

“SP2J yang akan mengelolanya, namun dari 5 bus air ini, hanya 3 bus yang diserahkan kepada Pemerintah kota Palembang, sementara 1 bus untuk Pemerintah Provinsi dan 1 bus lagi kepada Pemerintah Kabupaten Banyuasin,” pungkasnya.

( NN )

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *