Satrio Arismunandar: Tak Ada Perdamaian Di Palestina Bila AS Pasok Uang – Senjata Ke Israel

  • Whatsapp
Bantuan Indonesia untuk warga Palestina tiba di Mesir.

Jakarta, beritalima.com| Tak ada prospek perdamaian Palestina-Israel selama Amerika Serikat (AS) terus memasok dana dan persenjataan untuk Israel tanpa syarat dan seolah tanpa batas, seperti selama ini dilakukan.

Ini dikatakan wartawan senior, Satrio Arismunandar yang pernah meliput di Jalur Gaza, Tepi Barat, dan Israel, saat menjadi pembicara dalam diskusi Perkumpulan Penulis Satupena di Jakarta (14/3), tentang harapan bagi perdamaian Palestina-Israel.

Bacaan Lainnya

Menurut Satrio, pemerintah Israel sendiri memang tidak serius menginginkan perdamaian. Pada Januari 2024, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan, ia tidak akan mendukung berdirinya negara Palestina dan ia bangga telah mencegah terbentuknya negara itu sejauh ini.

“Meski Netanyahu berkata demikian, Presiden AS Joe Biden masih berkomentar bahwa ia yakin solusi dua negara masih mungkin dilakukan jika Netanyahu berkuasa,” ujar Satrio yang juga Sekjen Satupena.

Israel hanya mengenal bahasa kekuatan. Selama merasa unggul secara militer, dan terus dipasok uang dan persenjataan oleh AS, maka Israel –khususnya di bawah pemerintahan Netanyahu – akan terus mempertahankan pendudukan atas tanah Palestina.

Tentang dukungan dana, Satrio menunjukkan rencana Partai Republik AS pada November 2023, yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat AS, untuk mengalokasikan 14,5 miliar dolar AS bantuan militer untuk Israel. Israel juga menerima jumlah bantuan militer terbesar dari AS dibandingkan negara lain sejak Perang Dunia II, dengan bantuan melebihi 124 miliar dolar AS,.

Tentang kunci menuju perdamaian, Satrio melihat perlu adanya pemerintahan Israel yang lebih moderat dan betul-betul serius menginginkan perdamaian. “Pemerintahan PM Netanyahu sekarang, oleh sejumlah pengamat dipandang sebagai pemerintahan Israel yang paling ekstrem kanan dalam sejarah Israel. Mereka menentang berdirinya negara Palestina,” kritik Satrio.

“Sejauh ini berdasarkan Perjanjian Oslo 1993, sudah ada kesepakatan bagi solusi dua negara. Nah, itu saja yang dikejar. Indonesia mendukung solusi dua negara,” tegas Satrio. Sikap Indonesia cukup jelas berada di pihak Palestina dan terus memberikan bantuan kemanusiaan, seperti dilakukan baru-baru ini.

“Keinginan menghapus negara Israel dari muka bumi, itu tidak realistis. Sebaliknya, keinginan Israel menghapus aspirasi jutaan warga Palestina untuk memiliki negara sendiri juga tidak realistis,” ungkap Satrio.

 

Jurnalis: Abriyanto

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait