SD Tlogopatut 1 Gresik Belajar Pengelolaan Sampah Organik di Kampung Siba Klasik

  • Whatsapp
Para siswa SD Tlogopatut sedang belajar mengelola sampah organik.

GRESIK,beritalima.com-Sekitar 50 siswa Tlogopatut 1 Gresik mengunjungi halaman gedung serba guna RT.02 RW.05, Kecamatan Gresik.

Mereka belajar pengelolaan sampah di kampung Siba Klasik. Siswa yang hadir berasal dari kelas 1 dan kelas 4 serta 5 guru pendamping dan 10 anggita komite kelas.

Pada kunjungan ini mereka mendapat pengetahuan tentang pengurangan sampah plastik dan pengelolaan sampah organik dan anorganik

“Kalau di kampung Siba Klasik sampah organik diolah menjadi kompos melalui berbagai jenis media seperti biopori, komposter mini, komputer narsis, komputer mini dan belajar manfaat ecoenzyme”, tutur Saifudin Efendi ketua RT kampung SIBA KLASIK.

“Untuk sampah anorganik salah satunya bisa dijadikan ecobrick yang bisa dikembangkan menjadi tempat duduk dan pilar milimium” tambah saifudin.

Selain pembelajaran mereka juga berkeliling kampung untuk praktek melakukan pengomposan.

Ervina salah satu guru mengaku kagum dengan kampung SIBA KLASIK, “siswa punya kesempatan jalan-jalan keliling kampung serta siswa langsung bisa praktik bikin kompos dan bisa melihat langsung media media dalam pengurangan sampah yang ada”, tuturnya dengan semangat.

Diakhir sesi, siswa diberikan waktu untuk menggambar hasil pengamatan dan mempresentasikannya.

“Dengan adanya kunjungan sekolah seperti ini, Kami berharap dapat memberikan pengetahuan tentang pengelolaan sampah sejak usia dini dan nantinya mereka akan membawa ilmu ini untuk lebih bijak dalam pengelolaan sampah, “ungkap Ketua RT Saiful Efendi.”(*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait