SDN 6 Wonosobo Peringati Hari Anak Internasional Lakukan Ini

  • Whatsapp

WONOSOBO, beritalima.com – Serentak hari ini sekolah – sekolah Indonesia melaksanakan kegiatan Outdor Clasroom Day (OCDay) atau Hari Belajar di Luar Kelas, hal ini dalam rangka peringati Hari Anak Internasional.Tak ketinggalan SDN 6 Wonosobo.

Menurut Suranti dari Dinas PPKB PPPA Kabupaten Wonosobo menyampaikan kegiatan ini selaras dengan arahan Presiden RI yqng meminta sekolah untuk melakukan proses pembelajaran di luar kelas.

“Tujuannya proses pembelajaran bagi anak menjadi menyenangkan dan tidak membosankan, juga bisa meningkatkan kemandirian serta kreativitas mereka.” Kata Suranti pada Kamis (1/11).

Dia melanjutkan bahwa OCDay ini merupakan salah satu dari bagian sekolah ramah anak. Dimana sekolah ramah anak membutuhkan komitmen dari berbagai pihak, baik itu sekolah, orang tua siswa, lingkungan, komite sekolah dan warga yang ada di sekolah.

“Saat ini Wonosobo sudah ada 34 rintisan sekolah ramah anak, baik itu tingkat SD maupun SMP.” Tambahnya.

Ditegaskan Kepala Sekolah SD Negeri 6 Wonosobo, Bambang, sekolahnya sudah menerapkan kegiatan belajar di luar kelas. Kegiatan ini guna memnuhi tujuan agar anak dapat menerapkan dan berperilaku yang memenuhi 14 unsur, yaitu pembentukan karakter positif, Imtaq, Kesehatan, Climate Change, Permainan Tradisional, Cinta Tanah Air, Literasi, Pengurangan Resiko Bencana, dan Mendorong Sekolah menjadi Sekolah Ramah Anak.

“Wujud tersebut diantaranya menyambut siswa dengan bersalaman, senyum, sapa dan salam, melakukan cuci tangan sebelum makan, berdoa sebelum makan, melaksanakan permainan tradisional dan berbagai kegiatan tanpa mengganggu mata pelajaran pokok atau inti.” pungkas Bambang. (Agus)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *