Sekda Edy Radiasi Ajak Semua Pihak Angkat Citra dan Perekonomian di Sumenep

  • Whatsapp

SUMENEP,beritalima.com|Pemerintah Kabupaten Sumenep berharap melalui Festival Kuliner dan Topeng Dalang mendorong masyarakat terutama pelaku kuliner dan seniman topeng untuk melestarikan dan mengangkat kekayaan potensi lokal itu.

“Kabupaten Sumenep dengan segala potensinya, ibarat berlian yang tak ternilai harganya, namun jika potensi itu tidak dilestarikan dan dikembangkan, jelas tidak berdampak positif terhadap masyarakat,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi, M.Si, pada penutupan Sumenep Heritage Culinary Festival dan Festival Dalang Remaja, di Lapangan Gotong Royong, Minggu (13/10/2019) malam.

Ia menyatakan, pemerintah daerah bersama pihak terkait menggelar berbagai kegiatan setiap tahun, termasuk festival kuliner maupun festival dalang remaja, sebagai upaya mengangkat citra dan perekonomian Kabupaten Sumenep.

“Kegiatan tahunan ini, diharapkan pula bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam melestarikan kuliner dan budaya daerah, sehingga mendukung program pariwisata guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Sumenep,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan tersebut juga meningkatkan partisipasi masyarakat dalam melestarikan dan mengenalkan berbagai budaya dan kuliner khas Sumenep, bahkan masyarakat dan pelaku wisata berperan aktif untuk mempromosikan potensi wisata Kabupaten Sumenep.

Di kegiatan itu Sekda Edy Rasiyadi bersama Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Arif Firmanto dan Kepala Disparbudpora, M. Carto, menyerahkan piagam penghargaan kepada pemenang lomba dalam event Sumenep Heritage Culinary Festival (Sheculfest) yakni, Lomba Memasak Mertua dan Menantu, Lomba Mewarnai untuk siswa PAUD/TK, Lomba Vlog, Lomba Lampion Unik, Lomba Stand dan Produk Unggulan, dan Lomba Topeng Dalang Remaja.

www.beritalima.com

“Pemerintah hanya memegang 25 persen untuk melakukan percepatan perubahan dan selebihnya harus digerakkan dan dibantu oleh seluruh elemen masyarakat termasuk juga pihak swasta, insan pers, BUMN dan BUMD,” tandasnya.

Sekda menambahkan, yang jelas, Pemerintah Kabupaten Sumenep berikhtiar mengembangkan sektor pariwisata di semua sisi, sehingga benar-benar menjadi daerah favorit tujuan wisata masyarakat Indonesia dan mancanegara.

“Salah satu kunci untuk mewujudkan semua itu adalah sinergitas. Karenanya kami berharap kerja sama seluruh elemen di Sumenep guna menyukseskan program pembangunan daerah termasuk program pariwisata,” pungkas Sekda Edy Rasiyadi.
(MC/ An)

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *