Sekda Trenggalek, “Situasi Semakin Kondusif, Destinasi Wisata Dimungkinkan Bisa Segera Dibuka”

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com –

Melihat perkembangan penanganan Covid-19 yang semakin kondusif di Kabupaten Trenggalek, wacana pembukaan kembali destinasi wisata digulirkan. Hal tersebut sebagaimana diisyaratkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Trenggalek, Joko Irianto kepada jajarannya saat mengambil apel pagi di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) pada Selasa (14/9). Menyusul, angka sebaran kasus terkonfirmasi Covid 19 yang semakin menurun sekaligus perubahan status PPKM darurat dari level 4 menjadi level 3.

Dalam apel tersebut, putra salah satu mantan Bupati Trenggalek ini pun juga meminta agar di dalam merencanakan pembukaan destinasi wisata nanti benar-benar dipersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Alasannya, agar sektor pariwisata dapat aman bagi pengunjung maupun pengelolanya. “Persiapkan dengan baik dan segera rapatkan,” pesan Sekda Trenggalek dalam sambutannya.

Salah satu contoh, lanjut Sekda, penggunaan aplikasi Peduli Lindungi di lokasi destinasi wisata diharapkan bisa dimaksimalkan. Sehingga mampu menambah tingkat keamanan. Karena, dengan aplikasi ini pemerintah maupun pengelola dalam akan lebih mudah melakukan ‘skrining’ terhadap pengunjung yang datang. Cukup melalui ‘scan barcode’ dalam aplikasi tersebut status mereka resiko dan tidak beresiko dapat mudah terbaca. Dengan begitu, penyebaran Covid 19 dapat semakin diminimalisir sejak awal.

“Saat ini penggunaan Aplikasi Peduli Lindungi sedang digalakkan di beberapa fasilitas umum. Saya harapkan ini juga bisa dilakukan di destinasi wisata kita,” sambung dia.

Pria ramah yang juga mantan Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga itu pun menambahkan, berdasar laporan dari Kepala Dinas Kesehatan, kematian akibat Covid 19 sudah menurun cukup signifikan. Hal itu, dimungkinkan adanya kesadaran masyarakat akan vaksinasi yang semakin tinggi. “Bahkan Senin kemarin, tercatat tidak ada kematian kaibat virus ini,” ujar Joko Irianto.

Dirinya berharap, adanya dukungan penuh dari semua pihak dalam progres percepatan pemenuhan ‘herd immunity’. Selain itu, distribusi vaksinasi yang terus meningkat, traching dan testing yang semakin banyak sangat membantu upaya mengendalikan pandemi. Dan peran serta seluruh unsur, baik dilingkungan pemerintah maupun masyarakat lah yang menjadi faktor penting dalam mempengaruhi tingkat sebaran virus Covid-19.

“Semua pihak harus mendukung program dalam upaya penanganan pandemi, karena, dengan semakin terkendalinya tingkat sebaran Covid-19 dipastikan kegiatan masyarakat juga akan segera kembali normal,” pungkasnya. (her)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait