Sekdaprov Jatim Launching E-LPPD Prov. Jatim

  • Whatsapp
Sekda ProvJatim Rapat Evaluasi LPPD Prv Jatim TH 2017 dan Luanching E LPPD Prov Jatim berbasis web Th 2018 di Hotel Ijen Suites Malang

MALANG, beritalima.com – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Dr. Heru Tjahjono secara resmi melaunching Elektronik Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (E-LPPD) Prov. Jatim. Launching E-LPPD tersebut dilaksanakan bersamaan dengan dimulainya pembukaan bimbingan teknis evaluasi LPPD Tahun 2017 yang dilaksanakan di Hotel Ijen View, Jl. Nirwana, Malang (12/11) malam.
Sekdaprov Heru Tjahjono mengatakan, E-LPPD tersebut diharapkan dapat memudahkan kinerja setiap aparatur dalam proses penyusunan perencanaan pembangunan hingga evaluasi.

Keberadaan E-LPPD ini sebagai alat bantu agar setiap daerah dapat segera memasukkan data terkait penyelenggaraan pembangunan daerah. “Selama ini, tim harus memberikan batas waktu hingga mengingatkan satu per satu kepada daerah yang belum menyerahkan data. Melalui E-LPPD ini akan memudahkan untuk memasukkan data, sehingga tidak memakan waktu yang lama,” ungkapnya.

E-LPPD, lanjutnya, merupakan inovasi baru yang bisa digunakan oleh pemerintah provinsi, kabupaten/kota dengan menggunakan sistem online dari semua perangkat daerah. Caranya dengan melakukan entri data besaran maupun data pendukung dalam format yang diijinkan oleh sistem E-LPPD.

Sekdaprov Heru Tjahjono menambahkan, sistem ini merupakan sebuah terobosan inovasi baru yang digagas Gubernur Jatim Soekarwo dalam mendukung Jatim sebagai Smart Province yang mensyaratkan penggunaan IT dalam segala aspek pemerintahannya. Untuk itu, Sekdaprov Heru Tjahjono berharap agar seluruh OPD di lingkungan Pemprov Jatim untuk mampu mendukung E-LPPD dengan baik.
“Berkat inovasi yang terus kita lakukan, negara telah menganugerahkan tanda kehormatan Parasamya Purnakarya Nugraha sebagai tanda kehormatan tertinggi kepada Pemprov Jatim,” ujarnya.
“Prestasi ini adalah prestasi kita semua. Termasuk prestasi dari tim penyusun LPPD provinsi dan kabupaten/kota se Jatim,” imbuh Heru Tjahjono.

Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Prov. Jatim, Drs. Benny Sampirwanto, M.Si mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memetakan permasalahan serta mencari solusi atas capaian kinerja penyelenggara pemerintahan di 26 urusan wajib dan 8 urusan pilihan.
Sedang tujuan yang ingin dicapai, Benny Sampirwanto menjelaskan untuk menyusun aksi peningkatan capaian kinerja LPPD Jatim 2018 secara cepat, akurat dan informatif. “Kita juga harus terus menyosialisasikan aplikasi E-LPPD Prov. Jatim kepada seluruh tim penyusun LPPD di lingkungan OPD Prov. Jatim,” tegasnya. (rr).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *