Sekdaprov Pastikan Pelaksanaan Seleksi CPNS Pemprov Jatim Lancar dan Tertib

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Dr. Heru Tjahjono memastikan pelaksanaan seleksiCalon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemprov Jatim yang akan berlangsung mulai besok Jum’at(26/10) berjalan lancar dan tertib.

Hal tersebut disampaikannya seusai melakukan peninjauan ruang ujian peserta seleksiCPNS di Kantor Regional II BKN, di Waru Sidoarjo Kamis (25/10). Ia mengatakan, bahwa semua peserta seleksi CPNS akan menggunakan sistem berbasisComputer Assisted Tes (CAT) yang disediakan oleh panitia seleksi nasional.

Pemprov Jatim bersamaBKN telah bersinergi untuk mempermudah peserta CPNS dalam mengakses segala hal yangdibutuhkan dalam pelaksanaan CPNS. Sekdaprov menjelaskan, seluruh tahapan telah dilakukan secara optimal. Yakni meliputitata cara mengikuti tes hingga pelaksanaan ujian yang akan dibagi pada beberapa tahapan.

“Sampai hari ini kita sudah menyampaikan kepada masyarakat yang ingin mendapatkan aksesinformasi bagi yang lulus maupun tidak lulus bisa dicek di Website Badan Kepegawaian Daerah,”tegasnya. Pihaknya memastikan telah mengoptimalkan sarana dan prasarana meliputi perangkatkomputer ujian, ruang kesehatan, ruang tunggu peserta.

Tentang kesiapan perangkat komputer bagi peserta ujian, jika terjadi rusak atau gangguanpada server hingga lampu mati, data yang ada akan secara otomatis tersimpan dan tidak akanmengurangi waktu pelaksanaan ujian.

Setelah selesai mengerjakan ujian, peserta bisa langsung melihat hasil atau skor yanglangsung dipublikasikan di hari yang sama. “Jika ingin mendapatkan bukti atau hasil skor, pesertabisa meminta kepada panitia agar dilakulan print bukti hasil ujian dengan di dampingi oleh aparatkepolisian,” ujarnya.

Terpenting, Pemprov Jatim akan menyiapkan tenaga medis yang akan bertugas memantaulangsung para peserta seandainya terjadi masalah kesehatan. Bahkan, untuk penyandangdisabilitas diberikan pendampingan. “Petugas medis kami akan standby untuk langsung melayani peserta. Tidak boleh pengawasujian yang membantu.

Kami juga akan menyiapkan mobil ambulan jika terjadi hal negatifterhadap kesehatan peserta,” tegasnya.

Hari ini, lanjut Sekdaprov setiap peserta akan di informasikan kembali terkait pelaksanaandan lokasi ujian melalui sms, email, twitter maupun di website BKD. Pada pelaksanaan ujian padahari pertama akan beroperasi sebanyak 200 unit komputer dan dibagi dalam beberapa tahapan.

Sekdaprov menghimbau, agar semua peserta ujian tidak membawa kendaraan pribadi.Namun, pihaknya telah mengantisipasi dengan menyediakan area parkir disekitaran Kanreg IIBKN yakni di tempat parkir Giant, MC Donald dan Parkir Bus AKAS Waru, Sidoajo.

Ia berharap, pelaksanaan seleksi CPNS dapat berlangsung dengan baik dengan memberikanpelayanan seoptimal mungkin. Pemerintah harus mempermudah peserta untuk mendapatkansetiap akses informasi tersebut dan memberikan petunjuk yang jelas. “Bapak Gubernur berpesanagar senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh peserta ujian CPNS.

Semua area kamisiapkan, bahkan ruang tunggu kami siapkan yang ber AC dan diberi minum hingga snack agarpeserta bisa belajar dan menunggu dengan nyaman,” harapnya.

Di tempat yang sama Kepala Kantor Regional II BKN Surabaya Tauchid Djatmiko SH. M.Simenegaskan, bahwa pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2018 dipastikan akan berjalan jujur tidak adaunsur perjokian.

Ia melihat seluruh proses tahapan yang sudah dilalui oleh peserta ujian sangatlahdetail. Mulai dari kartu ujian harus sama dengan KTP, begitu juga dengan foto yang ada tidakboleh berbeda. Bagi peserta yang akan mengikuti ujian, sebelum memasuki ruangan juga tidakdiperkenankan membawa alat komunikasi, dan hanya diperkenankan membawa kartu tes ujianyang berlaku. “Nanti ada metal detektor yang melekat pada peserta ujian.

“Jadi ia hanya membawakartu ujian atau identitas. Kita bisa melihat peserta melalui monitor yang disiapkan di masingmasing ruang ujian,” tutupnya. (rr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *