Semua Pantarlih Harus Gunakan Smartphone

  • Whatsapp

Timika,beritalima. 382 petugas pemutahiran data pemilih (Pantarlih) Se-Distrik Mimika Baru mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) penggunaan aplikasi E-Coklit untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, yang dilaksanakan di salah satu Hotel di Timika, Rabu (26/6).

Koordiv data dan informasi KPU Mimika, Budiono menjelaskan, Bimtek yang dilakukan oleh KPU hari ini merupakan Bimtek bagi Pantarlih se Distrik Miru, dengan jumlah 382 Pantarlih dan akan dibagi menjadi 4 kelas.

Dalam Bimtek dan penugasan Pantarlih diharuskan menggunakan smartphone, dikarenakan semua pekerjaan Pantarlih nantinya mengunakan aplikasi.

“Jadi karena memang kerjanya menggunakan aplikasi maka kita sampaikan semua Pantarlih harus memasang aplikasi E-coklit di smartphone masing-masing,” ujarnya.

Ia menjelaskan, tahapan E-Coklit ini sangat penting penggunaannya, dimana Pantarlih akan mengunggah data ke sistem dan KPU dapat memantau pergerakan dan pelaksanaan saat melakukan coklit, kemudian aplikasi ini juga sangat akurat sebab penggunaannya dilakukan sesuai titik koordinat lokasi.

“Yang jelas aplikasi ini sangat akurat sekali, karena Pantarlih melakukan pencocokan dan penelitian, pemutakhiran data yang kita ambil sebagai pengguna data dan kita secara implisit mengeksplor ke tingkat bawah dan memastikan bahwa nama-nama yang ada dalam daftar pemilih atau DP4 mereka yang sudah dikategorikan masuk sebagai Pemilih yang layak ataupun belum layak,” jelasnya.

Menurutnya, penggunaan E-coklit ini juga sebagai pengenalan aplikasi kepada calon-calon penyelenggara dari tingkat bawah terkait penggunaan Sirekap ataupun penggunaan teknologi, sehingga apabila penggunaan aplikasi ini sukses maka kedepannya sistem yang digunakan akan lebih baik.

“Aplikasi inikan mempermudah penyelenggara untuk melaksanakan tugas dan agenda setiap penyelenggara, sehingga kami berharap Bimtek ini bisa diikuti secara maksimal sehingga mereka bisa paham betul dalam penggunaan E-coklit,” ungkpanya.

Ia menambahkan, Bimtek akan dilakukan ke seluruh Distrik se-Mimika dengan menyesuaikan wilayah masing-masing.

(Timika/lasatya)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait