Sepanjang Hari BPJS Ketenagakerjaan Madura Bina APD Terkait Jaminan Sosial

  • Whatsapp

BANGKALAN, beritalima.com | Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Madura menggandeng Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bangkalan melakukan pembinaan pada Aparatur Perangkat Desa (APD) se-Kabupaten Bangkalan.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 11 hari hingga berakhir Jumat (25/10/2019). Pembinaan dilakukan setiap hari ke masing-masing desa sejak Selasa (15/10/2019).

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madura, Dhyah Swasti Kusumawardhani, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menertibkan kepesertaan perangkat desa di Kabupaten Bangkalan.

“Sampai saat ini kepesertaan perangkat desa di Kabupaten Bangkalan masih belum optimal. Dari 273 desa masih terdapat 70 desa yang belum mendaftar,” ungkap Dhyah.

“Padahal kepesertaan perangkat desa sudah dianggarkan dalam APBDes tanpa memotong siltap masing-masing perangkat desa,” lanjutnya.

Dituturkan, kepesertaan perangkat desa dalam program BPJS Ketenagakerjaan tertuang dalam Peraturan Bupati Bangkalan No.9 Tahun 2018. Dalam peraturan ini Bupati menyatakan, seluruh perangkat desa berhak atas jaminan sosial.

Jaminan sosial yang dimaksud terdiri dari Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, dan Jaminan Hari Tua.

Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian melindungi dari resiko kecelakaan kerja dan meninggal dunia, Jaminan Hari Tua sebagai tabungan yang bisa diambil ketika memasuki usia 57 tahun, diangkat menjadi PNS, atau sudah berhenti menjadi perangkat desa.

“Resiko kecelakaan kerja dan kematian bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Oleh karena itu seluruh perangkat desa harus sudah terlindungi dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Dhyah.

Dicontohkan, beberapa waktu lalu Kepala Desa Socah meninggal saat perjalanan. Karena yang bersangkutan telah terdaftar BPJS Ketenagakerjaan, ahli warisnya berhak atas santunan Jaminan Kematian sebsar Rp 26 juta.

“Kami berharap seluruh desa yang belum dianggarkan tahun ini bisa menganggarkan di APBDes Tahun 2020, supaya seluruh perangkat desa bisa terlindungi,” imbuh Dhyah. (Ganefo)

Teks Foto: BPJS Ketenagakerjaan Madura bersama DPMD Bangkalan melakukan pembinaan APD Labang, Bangkalan, Kamis (24/10/2019).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *