Serahkan Hadiah Mobil, BPJamsostek Ingin Pelindo III Jadi Contoh Semua Perusahaan

  • Whatsapp
Dirut BPJamsostek Agus Susanto (kiri) saat menyerahkan hadiah mobil kepada PT Pelindo III di kantornya, di Tanjung Perak, Surabaya, Senin (26/10/2020)

SURABAYA, beritalima.com | Hadiah sebuah mobil telah diserahkan BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) kepada PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III, menyusul keberhasilan BUMN ini di ajang Paritrana Award 2019. Perusahaan yang mengelola 42 pelabuhan di 7 wilayah propinsi ini berhasil meraih Juara 1 Kategori Perusahaan Besar atas kepatuhan dalam memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan pada seluruh pekerjanya.

Hadiah tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Utama BPJamsostek, Agus Susanto, kepada Direktur Utama PT Pelindo III, U Saefudin Noer, di kantornya di Tanjung Perak, Surabaya, Senin (26/10/2020). Hadir dalam acara dengan protokol kesehatan ini di antaranya Deputi Direktur Wilayah BPJamsostek Jatim, Dodo Suharto.

Selain itu tampak pula Asisten Deputi Wilayah Bidang Kepesertaan BPJamsostek Andrey J Tuamelly, Kepala BPJamsostek Cabang Surabaya Tanjung Perak, Galuh Santi Utari, Kepala BPJamsostek Cabang Surabaya Karimunjawa, Muhyidin, dan jajaran Direksi PT Pelindo III diantaranya Direktur SDM dan Umum Edi Priyanto.

Dalam acara yang juga disiarkan secara virtual ini, Dirut BPJamsostek Agus Susanto mengatakan, Paritrana Award merupakan apresiasi yang ditujukan untuk pemerintah daerah dan pelaku usaha yang memiliki komitmen serta dukungan terhadap pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan. 

Pelindo III lolos dari seleksi yang sangat ketat selama 6 bulan, dan berhasil menyisihkan 660 ribu perusahaan kategori besar dan menengah. BUMN ini disebut sebagai perusahaan yang melaksanakan regulasi, aktif berkreasi dan berinovasi untuk mensejahterakan pekerjanya. Hal itu dibuktikan Pelindo III dengan memberikan perlindungan pada seluruh karyawan dan stakeholder yang ada di lingkungannya.

“Saya ucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pelindo III yang telah memberikan dukungan, mengimplementasikan jaminan sosial ketenagakerjaan dengan sangat benar,” kata Agus.

Menurut Agus, apa yang dilakukan Pelindo III perlu dicontoh dan direplikasikan oleh seluruh perusahaan, agar memberikan perhatian dan perlindungan terhadap kesejahteraan pada karyawannya. Apalagi di saat masa pandemi Covid-19, aspek kesehatan dan perlindungan menjadi aspek yang utama.

Dia mengimbau para pemilik perusahaan untuk mengikutkan seluruh karyawan ke BPJS Ketenagakerjaan guna mendapatkan perlindungan atas risiko kecelakaan kerja, resiko kematian, hari tua dan pensiun, di samping manfaat tambahan lain. Disebutkan, seluruh data yang ada di BPJamsostek telah dipercaya pemerintah sebagai data penyaluran bantuan dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi serta penanggulangan Covid-19.

Agus juga menegaskan, jika apa yang telah diterapkan PT Pelindo III ini ditiru oleh semua perusahaan di Indonesia, dia menjamin seluruh pekerja akan lebih sejahtera dan nyaman dalam bekerja. Agus juga menyebut, Pelindo III merupakan Ambassador kepatuhan penyelenggaraan jaminan sosial di Indonesia.

Pelindo III, disamping mengelola 42 perusahaan yang tersebar di 7 provinsi, juga memiliki sejumlah anak dan cucu perusahaan, yang seluruh karyawannya sebanyak kurang lebih 11.000 karyawan telah didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Tanjung Perak.

Dirut Pelindo III, U Saefudin Noer, dalam kesempatan ini mengatakan, semua yang dilakukan merupakan wujud kepedulian perusahaan pada pekerja. Selain telah memberikan perlindungan sosial pada seluruh karyawan, pihaknya juga mempersyaratkan pada seluruh mitra kerja untuk wajib menjadi peserta BPJamsostek.

“Kalau ada mitra kerja yang tidak mengikutkan pekerjanya dalam program jaminan sosial, kami memberi poin negatif, yang konsekuensinya tidak akan mendapatkan kontrak kerja sebelum memenuhi persyaratan tersebut,” ujar Saefudin.

Mengenai penghargaan yang didapat ini, menurutnya, merupakan bentuk implementasi nilai inti BUMN yang amanah dengan memberikan pelayanan terbaik pada pegawai dan mitra bisnis, sekaligus sebagai wujud loyalitas kepada negara dalam rangka untuk mendukung pemerintah khususnya di bidang ketenagakerjaan.

Dia juga menyampaikan, hadiah Mobil Avanza 1.5 GM / T dari BPJamsostek ini langsung diserahkan kepada Serikat Pekerja (SP) Pelindo III untuk memudahkan operasional organisasi pekerja di lingkungan Pelindo III ini. “Hadiah ini sengaja kami berikan kepada serikat pekerja sebagai bentuk penghargaan atas jasa mereka yang telah banyak berperan membantu membesarkan perusahaan,” tandas Saefudin.

Ketua Serikat Pekerja Pelindo III, Fadli, mengaku kaget dan terharu menerima limpahan hadiah tersebut. “Mobil ini tentu sangat berguna bagi kami untuk meningkatkan kinerja serikat pekerja, karena akan lebih memudahkan koordinasi dengan DPC dan pekerja yang lain,” kata Fadli. (Ganefo). 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait