Sinergitas TNI – POLRI Dalam PAM Pilkada

  • Whatsapp

Ternate (26/3/2018) Kota Ternate dan Kabupaten Halmahera Barat yang merupakan wilayah Teritorial Kodim 1501/Ternate tahun ini akan menggelar pesta demokrasi rakyat, yaitu pemilihan calon gubernur dan wakil gubernur Propinsi Maluku Utara periode tahun 2018-2023.

Beberapa tahapan Pilkada sudah dilaksanakan oleh KPU, mulai dari pendaftaran, pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan administrasi, penetapan pasangan calon, pengundian nomor urut pasangan calon dan sekarang sampai tahap Kampanye pasangan calon.

Berkaitan dengan hal tersebut, Polres Ternate bersama-sama dengan Kodim 1501/Ternate melaksanakan pengamanan Bersama dalam tahapan kampanye. Dandim 1501/Ternate Letkol Inf Abdul Razak Rangkuti S.Sos mengatakan, sinergitas TNI-Polri sangat penting, dikarenakan tahun 2018 dan 2019 merupakan tahun politik. Jadi sudah menjadi keharusan untuk selalu bersama menjaga keamanan di wilayah Kota Ternate dan Kabupaten Halmahera barat. Sekutu terdekat kita (Kodim) adalah Polri. Kesimpulannya adalah kita saling membutuhkan dan kita semua saudara,” jelas Dandim 1501/Ternate.

Dijelaskan Dandim, apabila terjadi konflik, peran Kodim sesuai Undang-undang PKS (Penanganan Konflik Sosial) ada di dua tahap, yaitu tahap pencegahan dan tahap pasca konflik. Sedangkan, untuk penindakan itu menjadi kewenangannya Polri.

Ia berpesan agar senantiasa TNI-Polri selalu menjalin persahabatan secara tulus.

“Jangan urusin urusan orang lain, jangan cari masalah, dan jangan mau dibodohi orang apalagi diadu domba,” tegasnya.

Hal senada diungkapkan Kabag Ops Polres Ternate, Kompol Jufri Dukomalamo mengucapkan terimakasih kepada Kodim yang sudah membantu tugas Polri, melaksanakan patroli bersama dan pengamanan kampanye pasangan calon.

Menurutnya, dengan bertugas di Kota Ternate maka sudah seharusnya menjaga keamanan bersama-sama.

“Kita jangan sampai dikotak-kotakan sama identitas. Kalau TNI Polri tidak akur, maka akan mudah timbul konflik,” terangnya.

Jufri mengatakan, anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa merupakan tangan kanan pimpinan, karena mereka adalah yang paling dekat dengan masyarakat.

“Saya harapkan anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk sambang secara door to door ke tokoh agama dan tokoh masyarakat guna memberikan himbauan Pilkada damai,” pungkasnya. (JK-1501)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *