Sosialisasi 4 Pilar HMS Berikan Pemahaman Pada Pelajar SMAN 2 Dompu Agar Tertanam Jiwa Nasionalisme dan Patriotisme

  • Whatsapp

KAB DOMPU-NTB.beritalima.com|
Anggota Badan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI H.Muhammad Syafrudin,ST,.MM akrab disapa HMS juga anggota DPR RI Fraksi PAN Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa mampu membakar semangat jiwa nasionalisme dengan memberikan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan kepada Pelajar SMAN 2 Dompu Bertempat di Aula SMAN 2 Kabupaten Dompu pada 5 April 2023.

Pelajar SMAN 2 Dompu dan para Guru sekitar 100 peserta untuk menghadiri Sosialisai 4 Pilar MPR RI anggota Badan Sosialisasi MPR RI dari fraksi PAN H. Muhammad Syafrudin, ST,.MM beliau menguraikan Pancasila, Undang-Undang Dasar, Bhinneka tunggal ika serta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

HMS menegaskan,dengan adanya sosialisaai 4 Pilar MPR RI ini bisa menjadi wawasan bagi adik-adik pelajar bisa memahami tentang Ideologi pancasila, Undang undang dasar,Bhineka tunggal ika dan Cinta terhadap NKRI.Dengan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI ini agar siswa- siswi SMAN 2 Dompu dihatinya tertanam jiwa Patriotisme dan Nasionalisme,untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa adalah kita harus rukun,saling menghargai kepada sesama.

” Kegiatan ini merupakan salah satu pembinaan terhadap siswa- siswi supaya mengetahui pentingnya empat Pilar Kebangsaan,bukan sekedar dibaca atau mendengar tentang 4 pilar Kebangsaan tetapi mari kita amalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.” jelas HMS tiga periode

Kata Politisi PAN tersebut, dirinya menjadi anggota DPR RI belajar selama 10 tahun bagaimana caranya untuk meyakinkan kepada masyakarat se pulau sumbawa agar bisa memilih dirinya, pada periode pertama 2009- 2014 di komisi 1 membidangi pertahanan, luar negeri, komunikasi dan informatika, dan intelijen. Dalam filosofi nya dirinya mencari Kursi sehingga dirinya membagikan kursi ke Kantor desa se- NTB kala itu masih Dapil NTB Pulau Lombok dan Sumbawa.

“Setelah di komisi I dirinya berjuang agar Sumbawa Barat ada Kodim alhamdulillah bisa terlaksana sekarang ada kodim 1628/KSB,pada tahun 2014- 2019 dirinya berada di Komisi VII yang membidangi Energi Sumber Daya Mineral, Teknologi dan Lingkungan Hidup,” ucap HMS Kandidat Doktor Universitas Brawijaya

Lanjutnya, pada tahun 2019- 2024 ada di Komisi IV yang membidangi Pertanian, Kelautan, Kehutanan dan Bulog.Setelah Dapilnya terpisah menjadi Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa maka tetap melanjutkan program membagikan kursi ke Kantor desa/Kelurahan se Pulau Sumbawa.

” Mungkin para siswa dan siswi SMAN 2 Dompu bisa saja nanti akan menjadi Bupati, walikota,Gubernur anggota DPR RI dan lain-lain.Mulai sekarang giatkan belajar dengan rajin dan tekun agar bisa tercapai apa yang di cita-cita kan,” terang Politisi PAN senior di DPR RI.

Kepala sekolah SMAN 2 Dompu Drs Nuryadin menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasinya kepada H.Muhammad Syafrudin ST.MM yang sudah hadir memberikan sosialisasi 4 pilar kebangsaan kepada siswa-siswi SMAN 2 Dompu,memang selama ini beliau dikenal oleh semua kalangan pejabat hingga masyarakat se pulau Sumbawa.

” Alhamdulillah sekarang sudah bisa berkunjung di SMAN 2 Dompu,ini suatu kebanggaan dan kehormatan bagi kami bisa ketemu langsung dengan beliau selaku anggota DPR RI dapil NTB 1 Pulau Sumbawa. Memang beliau dikenal sederhana dan peduli kepada masyarakat se-Pulau Sumbawa banyak bantuan yang diberikan melalui aspirasinya bagi para petani,” ujarnya pada senin (17/4/23) kepada awak media.

Kepala sekolah menjelaskan,memang setelah pandemi Covid-19 program sosialisasi 4 pilar kebangsaan sempat tertunda,sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini perlu diberikan sebagai pemahaman kepada siswa- siswi SMAN 2 Dompu agar tetap mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

” Dulu pelajaran di sekolah sebelum ada sosialisasi 4 pilar Kebangsaan ada yang namanya penataran P4 ( Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila) dan PMP (Pendidikan Moral Pancasila). Dengan adanya sosialisaai 4 Pilar Kebangsaan agar siswa-siswi tertanam jiwa Nasionalisme dan Patriotisme,” pungkasnya.

Kata Drs Nuryadin,sosialisasi 4 Pilar kebangsaan yang disampaikan oleh beliau H.Muhammad Syafrudin ST.MM, adalah bertujuan untuk menanamkam patriotisme kepada generasi muda dengan harapan tertanam nilai-nilai luhur Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI sejak dini kepada pelajar.

” Peserta sosialisasi selain dari pelajar SMAN 2 Dompu, juga dari unsur Pramuka Kwarcab Kabupaten Dompu,dan turut hadir Kepala Cabang Dinas Dikbud Dompu Muhamad Ikhsan, SPd. sebagai steakholder jajaran Dikbud di Dompu,” tuturnya (Rozak)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait