Spiritual Happiness, Intelectual Happiness, Skill dan Physical Appearance Prasyarat sebagai Pemenang di Era Teknologi Tinggi

  • Whatsapp
wagub menerima cendramata dari rektor UNTAG di cara pembukaan pengenalan kampus

Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf mengatakan bahwa tidak semua lulusan SMA (Sekolah Menengah Atas) atau yang sederajat dapat meneruskan pendidikan sampai ke jenjang perguruan tinggi (PT), hanya sekitar 30 persen.

Oleh karena itu bagi mereka yang mendapatkan kesempatan melanjutkan ke PT diharapkan untuk belajar sungguh-sungguh, berprestasi, lulus tepat pada waktunya. Karena masa depan bangsa ada ditangan mereka.

 “Agar bisa menjadi  pemenang dalam kompetisi di era kemajuan teknologi saat ini, dibutuhkan empat  persyaratan. Spiritual Happiness, Intelectual Happiness, skill dan physical appearance,” jelasnya saat memberikan pembekalan pada Pembukaan Pembekalan Mahasiswa Baru 2016 Universitas Tujuh Belas Agustus 1945 (Untag), di Kampus Untag Jl. Semolowaru Surabaya, Minggu (21/8).

 Spiritual Happiness, artinya para generasi muda merasa bahagia bila selalu berdekatan dengan Tuhan. “Hidup untuk Tuhan.  Orang hebat adalah orang yang dalam hidupnya mencari keselamatan. Dengan cara selalu dekat dengan Tuhan,” paparnya.

 Intelectual Happiness, artinya bahagia apabila bisa menggunakan akal dengan baik untuk melakukan kegitan yang berguna. “ Harus ada keseimbangan antara Spritual Happiness dan Intelectual Happiness. Bila hanya memiliki Spiritual Happiness, seseorang akan dengan mudah dipermainkan orang lain. Sedangkan apabila hanya memiliki  Intelectual Happiness, akan dengan mudah melanggar peraturan yang ada untuk mencapai tujuan,” jelasnya.

Skill atau ketrampilan, menurut wagub yang biasa disapa Gus Ipul itu juga harus dipunyai para generasi muda. Tujuannya adalah apabila mencari pekerjaan di sebuah perusahaan atau dimanapun akan mempunyai nilai tambah dan diperhitungkan.

“Sejak saat ini, tanyalah pada diri sendiri ketrampilan apa yang menjadi minat, kemudian dipelajari hingga kelak dapat berguna dan menunjang untuk mencari pekerjaan,” pesannya

Physical appearance atau penampilan fisik, juga sangat diperlukan agar dapat menjadi pemenang pada kompetisi di era kemajuan  teknologi. “Bagaikan barang. Isi dan bungkus haruslah bagus agar menarik para pembeli. Isi bagus kalau bungkus kurang menarik tidak akan dilihat orang. Demikian pula bila bungkus menarik tetapi isi tidak bagus maka orang akan membeli tetapi tidak mengulang lagi,” lanjutnya.

Pada kesempatan itu, Gus Ipul juga berpesan kepada para Maba (Mahasiswa Baru) agar jangan sampai terjerumus dalam kegiatan pemakaian obat-obatan terlarang atau Narkoba karena akan merusak masa depan bangsa. “Peredaran narkoba telah menyasar kesegala jurusan,” ungkapnya. Artinya, menyasar kesegala lapisan masyarakat, tua muda, anak-anak, remaja sampai orang tua, pegawai, aparat keamanan, birokrat, guru, dan lain-lainnya.

Selain itu, diharapkan pula para  Maba untuk berdisiplin saat berkendara, karena sebagian besar korban tewas dalam kecelakaan lalulintas disebabkan tidak adanya kedisiplinan dalam berkendaraan dan sebagian besar adalah para pemuda.

Rektor Universitas Tujuh Belas Agustus 1945 (Untag) Surabaya saat ini adalah Prof. Dr. Drg. Hj. Aju Brahmasari, Dipl. DHE, MPA.  Terdapat enam Fakultas di Untag Surabaya, yaitu Fakultas Ilmu Sosial & Politik (FISIP), Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi dan Fakultas Sastra. Di tahun 2016 menerima mahasiswa baru untuk Strata 1 sebanyak 2.485 orang. (**).

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *