STIAMAK – UNAIR Kerjasama Bidang Akademik

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Hubungan kerjasama lintas perguruan tinggi STIAMAK Barunawati Surabaya semakin meluas. Setelah menggandeng beberapa perguruan tinggi swasta nasional, kini bekerjasama di bidang akademik dengan Universitas Airlangga Surabaya.

Kedua Perguruan Tinggi tersebut, yang diwakili pimpinan masing-masing, melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dalam kegiatan webinar penelitian dan penulisan skripsi, Selasa (8/6/2021).

Dalam webinar ini, Perguruan Tinggi swasta nasional milik PT Pelabugan III (Persero) STIAMAK Barunawati Surabaya kembali menegaskan bahwa jati diri akademiknya adalah penguatan pemahaman para mahasiswa pada dua bidang bisnis, yaitu bisnis pelabuhan dan logistik.

“Kebijakan penelitian di STIAMAK lebih ditekankan pada administrasi bisnis kepelabuhanan dan logistik,” tegas Kepala LPPM STIAMAK Barunawati Surabaya, Nur Widyawati S.Si SE M.SM, dalam webinar Pembekalan Metodologi Penelitian Skripsi tersebut.

Dari topik utama tersebut, lanjut Widya, para mahasiswa bisa mengembangkan penelitian turunan pada administrasi bisnis terkait lainnya.

Webinar yang dipandu Manajer IT Dian Arisanti S.Kom MM menjadi sangat berbobot dengan kehadiran dua narasumber dari Universitas Airlangga Surabaya, Prof. Dr. Suryanto M.Si (Dekan Fakultas Psikologi 2020-2025) dan Dr. Achmad Chusairi S.Psi MA (dosen).

Menurut kedua narasumber tersebut, penelitian dan karya ilmiah skripsi merupakan kekuatan akademik dalam menyumbangkan produk ilmiah terbarukan dari masing-masing mahasiswa. “Penelitian dan karya skripsi adalah produk kekuatan ilmiah perguruan tinggi,” kata Suryanto.

Sementara Chusairi menegaskan, supaya mahasiswa peka terhadap fenomena perubahan kegiatan bisnis di sekitarnya. “Setelan mengetahui adanya perubahan yang menarik, pilih topik penelitian, cari sumber bacaan, perbanyak referensi dengan membaca jurnal. Kemudian susun pertanyaan penelitian,” tegas Chusairi.

Ketua STIAMAK Barunawati Surabaya, Dr. Nugroho Dwi Priyohadi M.Sc, mengatakan, webinar skripsi bertujuan untuk memperkuat kualitas karya ilmiah skripsi mahasiswa.

“STIAMAK memfasilitasi supaya mahasiswa mendapatkan kemudahan mengerjakan skripsi, menentukan pilihan topik penelitian dan meningkatkan kualitas serta bobot penelitian dan kualitas skripsi,” jelas pegawai aktif Pelindo III tersebut.

Sementara Kepala Humas STIAMAK Barunawati Surabaya, Drs. Moh. Fail M.Ag, menambahkan, mahasiswa kuliah di STIAMAK mendapatkan kemudahan dan bobot akademik khusus.

“Selain sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing, para dosen STIAMAK merupakan praktisi bisnis pelabuhan dan logistik Pelindo III group. Hubungan bimbingan dan pendampingan dosen untuk mahasiswa juga sangat akrab dan dekat. Kuliah di STIAMAK sangat nyaman,” kata mantan wartawan Jawa Pos Group tersebut. (Gan)

Teks Foto: Webinar penelitian dan penulisan skripsi STIAMAK Barunawati Surabaya dengan UNAIR Surabaya, Selasa (8/6/2021).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait