Sumbawa Barat Segera Miliki Lembaga Pemasyarakatan

  • Whatsapp

SUMBAWA BARAT NTB.beritalima.com|
Bupati Sumbawa Barat menerima Kunjungan Kerja dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Propinsi Nusa Tenggara Barat. Kegiatan tersebut berlangsung di Graha Fitrah Kantor Bupati Sumbawa Barat, Kamis/28/03/2024, Pukul. 11.00 Wita. Rombongan dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kemenkumham Propinsi NTB Parlindungan, SH., MH. Kegiatan kunjungan kerja tersebut dirangkaikan dengan Penandatanganan Naskah Hibah Daerah Tanah Untuk Pembangunan Lapas di Kabupaten Sumbawa Barat.

Dalam kesempatan menyampaikan sambutan penerimaannya, Bupati Sumbawa Batat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM menyampaikan rasa syukur karena sebentar lagi, satu lagi lembaga vertikal akan hadir di Kabupaten Sumbawa Barat. Mengenai kriteria, kapasitas dan fungsi bangunannya nanti, pihak Lapas yang lebih tahu. Yang terpenting bagi masyarakat KSB adalah keberadaan infrastruktur untuk menunjang pelayanan maksimal dibidang hukum dan HAM Di Kabupaten Sumbawa Barat. Kebetulan di lokasi tersebut tidak jauh jaraknya dari Kantor Pengadilan dan Kantor Kejaksaan, hanya berjarak tidak sampai 3 kilo, dan bersebelahan dengan Markas Brimob. Bupati berharap mudah – mudahan apa yang diinisiasi tersebut bisa lebih cepat prosesnya, Ungkap Bupati,

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenkumham Propinsi NTB, Parlaungan SH.,MH menyampaikan bahwa di NTB sekarang terdapat sebanyak 13 Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). InsyAllah nanti akan ada tamabahan yaitu Lapas KSB. Keberadaan Lapas nantinya akan menjalankan tugas dan fungsinya yaitu memberikan pelayanan hukum dan HAM.

“Sekarang ini Polres, Kantor Kejaksaan, Kantor Pengadilan, sudah ada. Tinggal Lapas yang belum Ada, dan pembangunan lapas di KSB adalah satu keniscayaan. Selama ini banyak orang KSB datang berkunjung ke Sumbawa, karena Lapasnya ada di Sumbawa. InsyaAllah dengan Adanya Lapas di KSB, akan semakin dekat dengan pelayanan, yang selama ini jarak tempuh hampir 3 jam. Ini juga akan mempermudah koordinasi penegakan hukum sehingga terjadi efektifitas pelaksanaan tugas penegakan hukum yang berkualitas,” Ungkapnya

Setelah acara penerimaan di ruang Graha Fitrah, tim kemudian turun lapangan untuk mengecek kesiapan rencana lokasi tempat pembangunan Lapas KSB yang berada di Kelurahan Telaga Bertong, berdampingan dengan Markas Brimob KSB.(Rozak)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait