Susul Banyuwangi, Desa Mendak Di Madiun Masuk Empat Besar BBGRM

  • Whatsapp
www.beritalima.com

MADIUN, beritalima.com- Desa Mendak, Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun, masuk empat besar dalam penilaian tim juri kategori Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM), tingkat Jawa Timur, Selasa 18 Juni 2019.

Dua obyek yang dinilai tim juri, yakni wisata alam Watu Rumpuk dan Pendakian Tapak Bimo yang memang berada di Desa Mendak.

Meskipun letak desa berada di wilayah pegunungan, Desa Mendak dinilai layak masuk empat besar dengan empat indikator yang meliputi bidang kemasyarakatan, bidang ekonomi, bidang lingkungan hidup dan bidang sosial budaya. Semua indikator tersebut dinilai, termasuk juga partisipasi masyarakat dibidang penggerakkan ekonomi.

Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami, mengatakan, pemberdayaan sendiri akan berujung pada kemandirian. Sehingga seluruh masyarakat yang terkena sentuhan Pemkab dalam hal pemberdayaan, diharuskan untuk mandiri.

“Jadi yang kita berikan tidak total, hanya stimulus atau pemicu yang akan ‘ditangkap’ oleh masyarakat dan disambut dengan gotong royong,” kata H. Ahmad Dawami.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Menurutnya lagi, di Desa Mendak, gotong royong antar masyarakat masih sangat terjaga. Baik dalam hal pembangunan fisik maupun moral, sikap gotong royong yang dimiliki masih sangat kental.

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

“Akhirnya bisa menjadi luar biasa. Kebetulan juga tim juri dari provinsi yang datang menilai semangat kegotong royongan dan terbukti masih sangat terjaga,” tandasnya.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Alokasi Dana Desa (ADD) yang dinaikkan menjadi 20 persen untuk desa, lanjutnya, menjadikan jalur-jalur sampai bawah saling bergandeng hingga menuju Watu Rumpuk.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

“Untuk domain kabupaten, akan ada kajian lebih lanjut untuk akses jalan. Kita memiliki tanggungan 206 desa. Disini sudah seperti ini. Untuk desa lain juga akan kita bangkitkan sesuai kebutuhan. Yang prioritas kita dahulukan,” tandasnya.

www.beritalima.com

Untuk diketahui, ada dua desa di Kabupaten Madiun yang masuk empat besar lomba tingkat provinsi dengan kategori berbeda. Selain Desa Mendak, yakni Desa Kepel di Kecamatan Kare, juga masuk empat besar dalam kategori Lomba Desa dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Sedangkan Desa Mendak, masuk empat besar lomba Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat provinsi bersama tiga desa lain dari Kabupaten Pacitan, Ponorogo dan Kabupaten Banyuwangi, setelah menjadi juara tingkat kabupaten dengan menyisihkan 198 desa yang ada di Kabupaten Madiun. (Dibyo).

Ket.Foto: H. Ahmad Dawami (atas).

www.beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *