Tak Lelah Belajar, Walikota Madiun Raih Gelar Doktor Administrasi Publik

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Walikota Madiun, Jawa Timur, H. Maidi, resmi menyandang gelar Doktor Administrasi Publik pertama dari Universitas Terbuka, dengan judul disertasi “Model Evaluasi Kebijakan Smart City Studi Kasus Kota Madiun”.

Gelar akademik tertinggi ini berhasil diraih Maidi setelah menempuh pendidikan doktoral di UT sejak 2020, serta menuntaskan ujian sidang terbuka di Gedung Universitas Terbuka Convention Center, Tangerang Selatan, Selasa 21 November 2023.

Dengan suara bergetar, ia memberikan kesan pesan dan ucapan terima kasih kepada UT yang telah membantunya meraih gelar doktor.

“Selama saya mengikuti pendidikan pada program Doktor di UT sebagai PTNBH, banyak pengalaman dan pengetahuan yang saya dapatkan. Mulai dari proses awal, administrasi, ujian masuk, matrikulasi, perkuliahan, sampai ujian terbuka,” ucap H. Maidi.

Adapun dalam ujian sidang terbuka Tugas Akhir Program Doktoral (TAPD), dipimpin oleh Rektor UT Prof. Ojat Darojat selaku ketua sidang komisi. Duduk di kursi protomor yakni, Dr. Sofjan Aripin dari UT sebagai promotor, Prof. Dr. Bambang Supriyono dari Universitas Brawijaya sebagai co-promotor 1, dan Dr. Akadun dari LLDikti Wilayah 4 selalu co-promotor 2.

Dalam ujian sidang terbuka, Maidi juga menghadapi Penguji Eksternal 1 Prof. Dr. Yulianto dari Universitas Lampung, Penguji Eksternal 2 Prof. Daryono dari UT, dan Penguji Eksternal 3 Dr. Bambang Soesatyo yang juga menjabat sebagai ketua MPR RI.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada tim penguji lainnya yang telah membantu dalam penyusunan disertasi. Yakni, Prof. Marsudi Wahyu Kisworo, Dr. Khairul M. Muluk, Prof. Dr. Hanif Nurcholis, dan Dr. Nanik K. Broto.

Menurutnya, selama mengikuti perkuliahan di UT, dirinya menyadari pentingnya penguatan teoritis dan konseptitual di perguruan tinggi dalam pelaksanaan birokrasi agar berjalan dalam norma-norma akademik.

Walikota berharap, jejak langkahnya untuk terus meraih pendidikan yang lebih tinggi ini bisa diikuti oleh ASN di lingkup Pemkot Madiun. Bahkan ia akan memberikan bantuan finansial bagi ASN yang ingin melanjutkan pendidikan.

Ia kembali berharap, hasil belajarnya selama enam semester ini bisa menjadi rujukan bagi peneliti selanjutnya. Baik sebagai referensi maupun penyempurnaan penelitian ke depannya.

“Semoga UT sebagai PTNBH dapat terus melakukan penguatan keilmuan dan inovasi mengembangkan modul pembelajaran jarak jauh. Sehingga, UT akan makin diminati masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Rektor UT Prof. Ojat Darojat, mengatakan, gelar doktor bukan sekadar menambahkan dia huruf di depan nama.

“Gelar doktor memiliki tanggung jawab yang melekat agar senantiasa mengembangkan ilmu pengetahuan. Khususnya, administrasi publik serta melekat pada pekerjaan dan integritas dalam kehidupan sehari-hari,” kata Prof. Ojat.

“Selamat atas gelar doktor yang diperoleh (Walikota Madiun, H. Maidi),” pungkasnya. (Kmf/editor Dibyo).

H. Maidi (atas) tengah.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait