Tanamkan Karakter Keagamaan Sejak Dini, Bupati Salwa Tinjau Program Literasi Mengaji

  • Whatsapp
Bupati Bondowoso Salwa Arifin didampingi Ka Dikbud Sugiono menghadiri acara literasi mengaji di TK At-Taqwa. (Rois/beritalima.com)

BONDOWOSO, beritalima.com – Guna menanamkan nilai karakter siswa, Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin meninjau program Literasi Mengaji Al Quran ke sekolah-sekolah.

Program Literasi Mengaji mewajibkan para siswa untuk meningkatkan kegiatan keagamaan dengan wajib mengaji Al Quran setiap pagi di setiap sekolah.

Sekedar memastikan program tersebut berjalan, Bupati Salwa dan Kepala Dinas Pendidikan, Sugiono Eksantoso meninjau sejumlah TK berbasis Islami, diantaranya TK ABA 1, TK Yima, TK Al Irsyad dan TK At Taqwa Bondowoso.

Bupati Salwa menegaskan bahwa program Literasi Mengaji berjalan dengan baik sehingga dapat meningkatkan pendidikan karakter dan keagamaan.

” Alhamdulillah sudah berjalan. Setelah kami keliling, sudah banyak siswa yang bisa baca Al Quran, ” terangnya saat berkunjung di TK Masjid At Taqwa Bondowoso, Rabu (13/4/2022).

Ditambahkan Kepala Dispendik, Sugiono Eksantoso bahwasannya program yang dilaunching pada tahun lalu tersebut sementara menyasar siswa TK dan akan berlanjut ke tingkat SD dan SMP. Tak hanya menyasar pada aspek intelektual saja, namun literasi mengaji juga untuk penanaman pendidikan karakter.

” Bahkan target kami nanti anak TK yang mau ke SD sudah bisa menghafal minimal 10 surat. SD yang ke SMP harus ada sertifikat hatam Al Quran. Tapi dari SMP ke SMA sudah harus hafal minimal Juz 30,” paparnya.

Tidak menutup kemungkinan, bagi siswa dapat menghafal Al Quran tersebut mendapatkan apresiasi berupa bea siswa. Ke depan, pihaknya akan terus memantau program tersebut hingga ke lembaga pendidikan pinggiran.

” Karena memang ada alokasi dana untuk yang hafal Al Quran perlu , ” pungkasnya. (*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait