Tanamkan Nilai Luhur Pancasila, Pemkot Madiun Gelar Lomba Cerdas Cermat

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Menanamkan nilai luhur Pancasila di kalangan pelajar tak melulu dengan belajar di dalam kelas. Agar lebih menantang, bisa juga dilakukan dengan menggelar lomba cerdas cermat. Seperti halnya kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Madiun, Senin 29 Oktober 2018.

Sebanyak 159 pelajar di Kota Karismatik ini mengikuti kegiatan yang terselenggara di Gedung Diklat. Mereka terdiri atas 87 siswa-siswi dari tingkat SMA/MA negeri dan swasta. Serta, 72 siswa-siswi dari SMP/MTs negeri dan swasta di Kota Madiun.

Dalam pembukaan kegiatan tersebut, Walikota Madiun, H. Sugeng Rismiyanto, mengatakan, Pancasila sebagai dasar negara perlu dikembangkan dalam perilaku sehari-hari. Untuk itu, para siswa perlu memahami sikap-sikap yang mencerminkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Sugeng mencontohkan perilaku yang sesuai dengan sila pertama Pancasila, Ketuhanan Yang Maha Esa. ‘’Diwujudkan dalam bentuk apa? Ya ketaqwaan kita terhadap Tuhan Yang Maha Esa,’’ kata H. Sugeng Rismiyanto.

Tak hanya itu, pengamalan sila pertama juga berlaku dalam hubungan antarumat beragama. Salah satunya dengan toleransi terhadap penganut agama lain. ‘’Ketaqwaan disesuaikan dengan keyakinan masing-masing. Tidak saling mengganggu. Tapi, memberikan ruang untuk menjalankan syariat agamanya masing-masing,’’ tambahnya.

Begitu pula dengan pengamalan dari empat sila yang lainnya juga harus terus dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama, bagi generasi muda yang memegang tongkat estafet kepemimpinan bangsa di masa depan.

Sementara itu, Plt Kepala Bakesbangpol Kota Madiun, Laurentius Darmawan Srivishnu, menjelaskan, kegiatan bertema ‘Aku Patriot Pancasila Berprestasi Untuk Bangsa’ itu merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan, sikap, dan perilaku pelajar sesuai nilai-nilai luhur Pancasila. Terutama, dalam meraih prestasi dan cita-cita di masa depan.

‘’Dalam hal ini, Bakesbangpol memberikan dukungan dan memfasilitasi kepada anak-anak di Kota Madiun untuk lebih meningkatkan jati diri melalui kegiatan peningkatan solidaritas dan sosial di kalangan remaja,’’ ungkapnya.

Kegiatan lomba cerdas cermat ini terselenggara selama dua hari. Setelah mengikuti babak penyisihan, dipilih enam peserta tingkat SMP/MTs dan enam peserta tingkat SMA/MA untuk mengikuti final pada 30 Oktober. ‘’Mereka akan memperebutkan juara 1, 2, 3 dan harapan 1, 2, 3,’’ tandasnya. (Diskominfo).

Ket.Foto: H. Sugeng Rismiyanto (berdiri).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *