Tangkal Radikalisme, Gus Miftah Orasi Kebangsaan di SMAN 1 Nglames Madiun

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- K.H. Miftah Maulana Habiburrahman atau yang akrab disapa Gus Miftah, melakukan orasi kebangsaan di SMAN 1 Nglames, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Sabtu 10 September 2022.

Orasi ini, guna menangkajl paham radikalisme di kalangan pelajar dan memantapkan nilai ideologi Pancasila.

“Kebencian yang berlebihan terhadap pemimpin itu merupakan pintu masuknya radikalisme,” ucap Gus Miftah.

Dalam kesempatan ini, Gus Miftah juga menyampaikan tiga tantangan moderasi. Diantaranya pemahaman keagamaan yang berlebihan dan ekstrem serta mengingkari nilai kemanusiaan dengan mengatasnamakan agama, munculnya monopoli kebenaran atas tafsir agama, serta pemahaman yang justru merongrong atau mengancam, bahkan merusak kebangsaaan.

Sementara itu, Bupati Madiun H. Ahmad Dawami, berpesan kepada para pelajar agar kembali mengingat tujuan negara.

Bupati mengajak para pelajar untuk melantunkan tujuan negara yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 alinea keempat secara bersama.

“Jadi tujuan negara itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tetapi semuanya,” tutur H. Ahmad Dawami.

Dirinya juga menyoroti, jika saat ini banyak sekali informasi yang tidak boleh ditelan mentah-mentah. Artinya, memastikan kebenaran sebuah informasi perlu dilakukan agar tidak mudah digerakkan oleh informasi yang tidak benar.

“Hari ini orang mudah sekali digerakkan dengan kebencian dan susah digerakkan dengan kasih sayang. Semoga dengan kehadiran Gus Miftah, kita akan lebih mudah digerakkan dengan kasih sayang,” pesannya. (Dibyo).

Gus Miftah (kanan) atas, H. Ahmad Dawami (kanan) bawah.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait