Tani Sosoh Buay Rayap Bentuk Poktan

  • Whatsapp

Ogan Komering Ulu, beritalimacom— Dalam upaya menuju pembangunan pertanian yang lebih maju, peran kelembagaan pertanian perlu didorong untuk memberikan kontribusi terhadap hal itu, kelembagaan pertanian menjadi sebuah penggerak utama untuk mencapai kemajuan pertanian.

Kelompok tani menjadi salah satu kelembagaan pertanian yang berperan penting dan menjadi ujung tombak, karena kelompok tani merupakan pelaku utama dalam pembangunan pertanian yang lebih maju, upaya revitalisasi kelompok tani bukan persoalan yang mudah, banyak hal yang menjadi tantangan terutama pada era sekarang ini otonomi daerah menjadi salah satu hal yang secara langsung, maupun tidak langsung akan berdampak pada eksistensi kelompok tani itu sendiri.

Kelompok tani sebagai wadah organisasi supaya dapat bekerjasama antar anggota yang mempunyai peranan penting, dalam kehidupan masyarakat tani sebab segala kegiatan dalam kelompok tani dilaksanakan secara bersama-sama.

Melihat potensi tersebut maka di Kecamatan Sosoh Buay Rayap Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, Selasa (6/12) membentuk paguyuban kelompok tani SOBUR JAYA digelar dikantor Kecamatan Sosoh Buay Rayap.

Acara pembentukan paguyuban itu dihadiri oleh 70 orang peserta dari kelompok tani yang dihadiri tamu undangan dari Dinas Pertanian Kabupaten OKU, yang diwakili Sekretaris Dinas dan pihak Kecamatan Sosoh Buay Rayap, Danramil Kota serta para Kepala Desa yang ada dikecamatan Sosoh nampak hadir Ketua Paguyuban Kelompok tani Sobur Jaya Sucipto yang didampingi Sekretaris Garsubi dan Bendahara Komalasari.

Pembentukan paguyuban itu dimotivasi oleh Kepala UPTD Pertanian Sosoh Buay Rayap Agus Paharyono, SE dengan masyarakat kelompok tani yang ada di Kecamatan Sosoh Buay Rayap.

Sementara disela acara itu Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Sosoh Buay Rayap Kabupaten OKU Agus Paharyono, SE menyampaikan dengan dibentuknya paguyuban kelompok tani Sobur Jaya di Kecamatan Sosoh Buay Rayap, supaya masyarakat tani bisa berkembang dan kompak untuk memajukan pertanian khususnya diwilayah Sosoh Buay Rayap.

“Paguyuban itu dibentuk sebagai wadah untuk memajukan pertanian, sehingga dapat diberdayakan lebih lanjut supaya dapat berkembang secara optimal serta dapat mendukung pembangunan pertanian,” terangnya.

“Kami berharap paguyuban kelompok Tani Sobur Jaya dapat bekerja dan kompak sesama petani untuk bersama-sama memajukan usaha tani”, ungkapnya Selasa (6/12) kepada beritalima.com.

(Ariyan)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *