Terima Kunjungan Dubes Inggris, Khofifah Bahas Kerjasama Pendidikan Hingga Transportasi

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com| Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima kunjungan Duta besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Lesta H.E. Mr. Dominic Jermey di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (15/12/2023).

Sebelum bertemu Gubernur Khofifah, Dominic Jermey juga telah berkunjung ke Yogyakarta.

Khofifah menyampaikan terimakasih atas kunjungan Dubes Dominic Jermey dalam rangka menjalin Kerjasama antara Pemprov Jawa Timur dengan Inggris.

“Pertemuan tadi sangat produktif karena berbagai hal telah didiskusikan dan ada program besar yang tengah dirancang bersama dimana dua hari lalu baru keluar sebuah keputusan dari Menteri Keuangan tentang transportasi terutama soal Kereta Api (KA),” terang Khofifah.

Khofifah menjelaskan bahwa pada akhir Agustus lalu rombongan Pemprov Jawa Timur telah melakukan kunjungan ke London dan Jawa Timur sangat bersyukur bisa di terima menejement Transport for London/TFL.

TFL dikenal memiliki teknologi sangat canggih karena dibangun diatas gedung gedung pencakar langit dan telah exsis sebelumnya.

Hal kedua yang dibahas yakni Jawa Timur telah mendapat kepercayaan dan telah di lakukan memorandum of agreement antara King’s College London (Universitas di London) dengan KEK Singhasari .

“Ini sesuatu banget bagi Jawa Timur semoga akan terjadi percepatan manufactur dalam rangka peningkatan kualitas SDM. Jawa Timur membutuhkan tim quality college London,” sambungnya.

Dalama hal penguatan SDM, kata Gubernur Khofifah, akan banyak melibatkan perguruan tinggi di Indonesia terutama di Jawa Timur seperti Unair, ITS, Brawijaya dan Unes Malang.

Dan poin tiga yang dibahas dengan Mr Dominic yakni professional training bahwa yang sangat dibutuhkan Jawa Timur disektor welding (pengelasan)

Khofifah yang akan mengakhiri jabatannya pada 31 Desember memaparkan, dulu kerjasamanya antara Inggris dengan ITS, lalu ITS menggandeng Pemprov Jawa Timur terutama SMK. Kebutuhan dunia sangat luar biasa disektor welding. Ini bukan sesuatu yang murah sebab itu memerlukan support melalui pemerintah Inggris.

Sementara itu Dubes Inggris Dominic Jermey menyebutkan melalui kerjasama ini berharap hubungan Inggris dengan Pemerintah Jawa Timur akan semakin kuat. Beberapa hal yang dibahas mulai dari Kerjasama perdagangan, ekonomi dan investasi. Lalu ada Pendidikan, dan transportasi berkelanjutan.

Menyangkut transportasi berkelanjutan, Dominic mengatakan, bahwa pihaknya membahasnya guna hubungan yang lebih erat. Dia berharap Kerjasama transportasi terus berkelanjutan, termasuk bidang Pendidikan.

“Pembangunan infrastruktur dan pendidikan ini akan menciptakan peluang ekonomi yang sangat besar demi kesejahteraan bersama,” pungkasnya (Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait