Terkait Covid-18, Abdul Hakim Pantau Kebijakan Fiskal Daerah

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Anggota DPD RI Dapil insi Lampung, KH Ir Abdul Hakim berdiskusi dengan Pemerintah Propinsi Lampung terkait kebijakan fiskal daerah dalam penanganan Covid-19 di ruang Sekretaris Daerah Propinsi, Kamis (2/4).

Hadir dalam acara itu Sekda Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Taufik Hidayat, Biro Perekonomian Elvira, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Minhairin serta Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Fredy.

Abdul Hakim dalam masa tugas pemantauan kebijakan fiskal daerah, dana transfer, perimbangan daerah dan volatilitas harga ditengah pandemi virus Corona (Covid-19). “Dengan kebijakan Pemda, kita berharap ada prediksi anggaran untuk mengatasi pandemi, terutama buat masyarakat terdampak dan tenaga medis yang perlu mendapat perhatian,” kata Abdul Hakim.

Pada kesempatan tersebut, Fahrizal menjelaskan beberapa kebijakan yang diambil Pemda. “Kebijakannya mengurangi belanja yang tidak prioritas seperti perjalanan dinas, kegiatan ceremonial dan lain-lain,
antisipasi persiapan pemberian jaminan sosial (social safety nets) sudah dilakukan koordinasi dengan pelaku usaha Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan dinas tenaga kerja agar tepat sasaran, melakukan operasi pasar untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok.”

Selain itu, Gubernur juga langsung menjadi ketua gugus tugas penanganan Covid-19, membentuk posko terpadu bersama TNI-Polri menyediakan pemakaman khusus di kota baru untuk Covid-19. Juga meminta dukungan DPD RI agar menyampaikan kepada Pemerintah Pusat untuk memberikan perhatian kepada Pemda khususnya tidak ada pemotongan dana transfer ke daerah dan petunjuk teknis program pemerintah seperti penyaluran jaminan sosial dan relaksasi kredit agar tepat sasaran.

Abdul Hakim mengatakan, terus mendukung Gugus Tugas Covid-19 berjalan optimal, masyarakat mendapat perhatian. “Mari bersatu padu dan berkolaborasi menuntaskan pandemi ini, karena ini adalah masalah kemanusiaan, semoga Lampung dapat melalui musibah ini dengan baik” tutup senator Lampung tersebut. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait