The Transition To Work, Webinar Tahunan Pertamina Foundation Untuk Penerima Beasiswa Pertamina

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com | Pertamina Foundation menyelenggarakan acara webinar tahunan melalui program PFpretasi selama 3 hari mulai dari tanggal 1 – 3 November 2021, webinar yang bertemakan “The Transition To Work” ini akan mengundang berbagai macam narasumber yang kredibel dan berpengalaman di bidangnya. Pelaksanaan webinar ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan insight dan pengenalan tentang dunia kerja kepada mahasiswa penerima Beasiswa Pertamina Sobat Bumi yang akan mereka hadapi di masa depan.

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi merupakan bentuk apresiasi Pertamina Foundation kepada mahasiswa berprestasi secara akademik, aktif dalam organisasi atau kegiatan sosial-kemasyarakatan, serta memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Tercatat sebanyak 2.958 mahasiswa menjadi penerima Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2021 jalur Reguler S1, Afirmasi dan Vokasi.

Webinar yang bertajuk “The Transition To Work” ini dilaksanakan selama 3 hari dengan mengusung tema yang berbeda beda setiap harinya dan menghadirkan pembicara yang expert dalam bidangnya masing-masing. Untuk hari pertama (1 Nopember 2021) webinar ini mengusung tema “Explore Your Playground” dengan judul “Aspiring career – beyond border: siapa takut?”, di hari pertama ini dihadiri oleh pembicara pembicara hebat seperti Hj Ida Fauziah selaku Mentri Ketenagakerjaan, Erry Sugiharto selaku Direktur SDM PT. Pertamina, Agus Mashud S. Asngari selaku Presiden Direktur Pertamina Foundation, Kemal Nasser selaku PWC Director dan Dr. Phil Hora Tjitra selaku Managing Director Tjitra Consulting.

Pada hari pelaksanaan pertama webinar, salah satu pembicara yaitu Anwar Sanusi Ph.D selaku Sekjen Kementrian Ketengarakerjaan memberikan gambaran mengenai persaingan di dunia kerja yang akan dihadapi mahasiswa fresh graduate saat ini. Dalam paparannya, ia mengatakan semenjak pandemi Covid-19 terjadi penurunan angka daya serap tenaga kerja dari tahun 2020 ke 2021 ini sehingga terjadi pergeseran sistem kerja ke depan yang mana mengedepankan fleksibilitas dan work life balance. Para fresh graduate harus beradaptasi dengan situasi ini, karena di masa depan satu pekerja tidak difokuskan untuk menekuni satu bidang saja, mereka dalam dunia kerja harus bisa mengerjakan bidang lain dan memliki kompetensi lain agar mereka dapat berkolaborasi dan bersaing di dunia kerja.

Kemudian pelaksanaan webinar di hari kedua (2 Nopember 2021) mengusung tema “Build The Skills” dengan judul “Get up, get ready : Asah kemampuanmu”, di hari kedua ini diisi oleh pembicara yang akan berbagi mengenai pengetahuan yang mereka miliki dan mengedukasi audiens mengenai skills yang dibutuhkan di dunia kerja saat ini, pembicaranya adalah Bagia Saputra dari The Golden Space, Elvira Priscilla dari Tjitra & Associates, Agus Mashud S. Asngari yang akan berbagi tentang materi personal branding dan Andy F. Noya & Tantri Moerdopo dari Benih Baik.

Hari terakhir webinar (3 Nopember 2021) akan mengusung tema “Upgrade Your Capacity” dengan judul “Accelerate – jadi pembelajar digital yuk!) yang akan diisi oleh pembicara mulai dari Kristina Aryanti dari Tjitra & Associates, Dian Sastrowardoyo selaku pekerja seni yang sudah berkecimpung di industri perfilman hingga Dr. Welyne J. Jehom dari Universitas Malaya.

Agus Mashud S. Asngari selaku Presiden Direktur Pertamina Foundation sangat mendukung dan mengapresiasi atas dilaksanakannya webinar ini, karena menurutnya webinar ini akan diisi oleh pembicara yang sudah mempunyai nama di industrinya masing-masing dan para penerima beasiswa yang akan mengikuti webinar ini beruntung sekali dan harus memanfaatkan momen ini untuk dijadikan bahan pengembangan diri dan mendengarkan dengan seksama materi-materi yang disampaikan oleh pembicara yang inspiratif tersebut.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pembicara yang sudah menyempatkan hadir di webinar ini dan kepada PFriends yang mengikuti webinar ini, ini adalah momen berharga yang harus kalian manfaatkan sebaik-baiknya. Karena semua pembicara yang hadir adalah tokoh yang expert dan sudah mempunyai nama di industrinya, sehingga PFriends harus menyerap sebanyak-banyaknya ilmu yang dibagikan oleh para pembicara dan gunakan ilmu itu untuk men-develope kemampuan dan keahlian kalian di masa depan,” ujar Agus.

Pelaksanaan Webinar “The Transition To Work” yang dilaksanakan 3 hari ini akan mengundang seluruh penerima beasiswa Pertamina Foundation dan diselenggarakan secara gratis dan juga untuk mahasiswa di seluruh Indonesia juga bisa mengikuti webinar ini melalui Channel Youtube Pertamina Foundation.

Sebelumnya pada tahun ini Pertamina Foundation melalui program PFprestasi telah terlebih dahulu melaksanakan kegiatan yang disebut sebagai Aksi Sobat Bumi Merdeka Panti yang dilaksanakan untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus lalu berupa kegiatan edukasi, memainkan games, dan pemberian bantuan sembako pada teman-teman panti asuhan. Kemudian kegiatan PON XX di Papua dengan membagikan bantuan sembako kepada veteran atlet terpilih dan pembagian masker di kegiatan PON XX. Untuk semakin memeriahkan dan melengkapi program PFprestasi maka diselenggarakanlah webinar ini yang akan diikuti oleh para penerima beasiswa Pertamina Foundation dengan tujuan untuk mengedukasi dan mempersiapkan penerima beasiswa dalam dunia kerja.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait