Tiket Reduksi Kini Bisa Dibeli Secara Online Lewat KAI Access

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Untuk memudahkan penumpang yang berhak mendapatkan tiket kereta api dengan tarif reduksi (tarif berdiscount), PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan fitur baru pada aplikasi online KAI Access. Layanan ini untuk perjalanan KA mulai 1 September 2019.

“Layanan ini kami berikan untuk memudahkan para calon penumpang yang Ingin mendapatkan tiket dengan tarif reduksi,” ujar Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto, Ahad (1/9/2019).

“Ini juga sekaligus guna lebih memasyarakatkan layanan tiket online khususnya aplikasi KAI Accsess. Sehingga pada akhirnya tidak ada lagi antrian di loket stasiun,” lanjutnya.

Suprapto menambahkan, melalui layanan ini penumpang seperti Lansia, TNI/Polri, Veteran dan Wartawan tidak perlu repot-repot antre di loket untuk membeli tiket dengan tarif reduksi.

Tata cara untuk mendapatkan layanan pembelian tiket dengan tarif reduksi di KAI Access, pertama, penumpang harus melakukan update KAI Access menjadi versi terbaru.

Kedua, pilih jadwal kereta yang diinginkan, lalu saat memasukan data penumpang, pastikan nomor identitas sesuai data yang didaftarkan (registrasi) ketika mengajukan hak reduksinya di customer service atau loket stasiun.

Ketiga, jika sudah terdaftar akan muncul tombol cek reduksi, silakan klik dan pilih reduksi yang akan digunakan.

Keempat, Anda akan mendapatkan potongan harga tiket sesuai dengan hak reduksi. Dan kelima, pada saat hari keberangkatan, tunjukkan bukti identitas asli sesuai hak reduksi kepada petugas boarding.

Suprapto mengungkapkan, adanya isu yang beredar terkait pembatasan waktu registrasi tarif reduksi itu tidak benar. Dia menegaskan, registrasi tarif reduksi dapat dilakukan kapan saja sesuai jam operasional masing-masing stasiun.

“Penumpang tidak perlu terburu-buru melakukan registrasi, karena KAI tidak menerapkan batas waktu untuk registrasi tarif reduksi. Kami harap masyarakat waspada akan informasi yang mengatasnamakan KAI,” tandasnya.

Fitur pembelian tiket dengan tarif reduksi di KAI Access ini melanjutkan inovasi yang sebelumnya telah diluncurkan seperti e-boarding pass, pembatalan tiket, perubahan jadwal, serta pembelian tiket KA Lokal.

“Berbagai inovasi terus KAI berikan sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada para pelanggan. Cukup buka aplikasi KAI Access dan nikmati seluruh kemudahannya,” ujar Suprapto.

Mengenai penumpang yang berhak mendapatkan tarif reduksi, penumpang lanjut usia (minimal usia 60 tahun) dengan besaran reduksi 20% untuk semua kelas setiap hari.

Anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dengan besaran reduksi Jumat – Senin 30% dan Selasa – Kamis 50%.

Untuk anggota TNI/Polri Aktif/Siswa Pendidikan TNI/Polri dengan besaran reduksi setiap hari untuk eksekutif 25% dan bisnis serta ekonomi 50%.

Dan untuk wartawan, daftarkan Surat Tugas Peliputan, besaran reduksinya untuk bisnis dan ekonomi 20% setiap hari. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *