Tingkatkan Kondusifitas, Kumpulkan Pengusaha Kos dan Hotel

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Pemerintah Kecamatan Taman, Kota Madiun, Jawa Timur, menggelar rapat koordinasi (Rakor) tiga pilar dengan pemilik kos dan hotel yang ada di wilayah kecamatan setempat, Senin 2 April 2018.

‘’Dengan kordinasi yang terjalin baik, antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban dapat segera terdeteksi,’’ kata Camat Taman, Kota Madiun, Doris Eko Prasetyo, saat membuka Rakor di aula Kantor Kecamatan Taman, Senin, 2 April 2018.

Keamanan dan ketertiban, lanjutnya, merupakan salah satu kebutuhan vital di masyarakat. Apalagi, terdapat ratusan kos dan puluhan hotel maupun penginapan lain yang berdiri diwilayah kecamatan Taman. Kamtibmas dapat terganggu jika kelewat banyak pendatang dengan berbagai latar belakang.

‘’Pendatang yang tinggal sementara ini pastinya dengan berbagai latar belakang. Makanya penting kami kumpulkan para pemilik kos dan hotel untuk berkoordinasi menjaga wilayah taman untuk tetap kondusif,’’ tuturnya.

Doris berharap, pemilik kos dan hotel menjalin komunikasi lebih intensif dengan petugas di kelurahan. Tiga Pilar sebagai pelayan masyarakat pastinya akan membantu secara optimal menciptakan keamanan dan kenyamanan di masyarakat.

‘’Kalau tidak proaktif dengan petugas, pelayanan kami tentunya juga tidak dapat optimal,’’ ungkapnya.

Doris menambahkan, pihaknya bakal menghimpun data mulai RT, RW dan kelurahan terkait penghuni baru. Langkah ini bakal dilaksanakan secara berkelanjutan hingga menyentuh seluruh wilayah Kecamatan Taman.

‘’Ini penting sebagai langkah antisipasi setiap kejadian yang mungkin muncul. Terutama yang berasal dari penghuni kos maupun hotel,’’ tambahnya.

Lengkapnya data ini, paparnya, dapat membantu mendeteksi dan mengantisipasi masalah gangguan, keamanan, ketertiban warga daerah lain maupun WNA yang tinggal sementara. Selain itu, data juga untuk menjamin keberadaan orang asing agar dapat memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat.

‘’Ini juga untuk mendukung program bebas visa bagi beberapa negara yang sudah menjalin kerjasama dengan Indonesia,’’ pungkasnya. (Diskominfo).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *