Tingkatkan Pendidikan Matematika Unisda Lamongan Gelar Olimpiade Matematika Se Jawa Timur

  • Whatsapp

LAMONGAN, Beritalima – Olimpiade Matematika (Olimatik) ke Sembilan belas (XIX) tingkat SD, SMP, SMA Se- Jawa Timur digelar dikampus Unisda Lamongan. Olimpiade ini diikuti sekitar lima ratus pelajar dari berbagai sekolah di Jawa Timur untuk mendukung visi pemerintah dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)

“Beberapa upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), mulai dari pembaharuan kurikulum, efektifitas metode pembelajaran, hingga mengadakan beberapa kompetisi pada beberapa mata pelajaran. Salah satu bentuk kompetisi yang hampir setiap tahun dilakukan pemerintah di bawah koordinasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan adalah seleksi olimpiade matematika tingkat kota, provinsi, nasional dan internasional.” Kata Kaprodi Pendidikan Matematika Unisda Lamongan, Khafidhoh Nurul Aini, Senin (17/2)

Ia menyebut bahwa visi pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM tentu tidak hanya dibebankan kepada pemerintah, bahwa semua elemen masyarakat harus ikut bertanggungjawab untuk ikut serta dalam setiap upaya peningkatan kualitas SDM, termasuk elemen kampus di dalamnya.

“Peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang sedang dilakukan oleh bangsa ini pada dasarnya bukan hanya kewajiban pemerintah, tapi hal ini juga merupakan tanggung jawab semua elemen masyarakat. Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika sebagai wadah komunikasi antar mahasiswa pendidikan matematika sudah selayaknya turut serta dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM) bangsa ini.” Jelasnya.

Ketua penitia kegiatan Olimpiade Matematika (Olimatik) ini, Masfiyah, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut yaitu, Rektor Unisda, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan. ia berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar hingga selesai.

Selain itu, rangkaian kegiatan olimpiade ini yaitu babak penyisihan yang berisi soal pilihan ganda sebanyak 25 soal dalam waktu 90 menit, babak semifinal berisi soal uraian singkat berjumlah 10 soal dalam waktu 60 menit, kemudian babak final yang harus melalui dua fase, yaitu fase pengerjaan soal dalam waktu 10 menit dan fase presentasi dalam waktu 5 menit.

“Pada Kegiatan Olimpiade Matematika ini dilaksanakan selama tiga tahap atau babak, yaitu tahap penyisihan, semifinal dan final. Dengan cakupan wilayah sekolahan se – Jawa Timur dengan jumlah total peserta sekitar lima ratus siswa pada jenjang SMA/Sederajat, SMP/Sederajat dan Siswa pada Jenjang SD/Sederajat.” Tambahnya.

Olimpiade Matematika (Olimatik) ke Sembilan belas (XIX) Prodi Pendidikan Matematika Unisda Lamongan ini diharapkan bisa melahirkan siswa siswi yang berbakat dalam dunia Matematika, sehingga keindahan dan kehebatan matematika sebagai “queen and servant of science” dapat semakin disayangi dan dicintai oleh para siswa. (win)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait