Tingkatkan Peran Insan PAL Dalam Berbagi Kebahagiaan Idul Adha, PT PAL Indonesia Distribusikan Puluhan Hewan Qurban

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com|
Semarakkan perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah, PT PAL Indonesia menggelar agenda tahunan penyembelihan hewan qurban di Masjid Baharuddin PAL.

Tahun-tahun sebelumnya, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) PT PAL Indonesia telah sukses mengelola distribusi sejumlah hewan qurban. Tahun ini, PT PAL Indonesia berhasil menyumbang sebanyak 42 hewan qurban yang terdiri dari 15 ekor sapi dan 27 ekor kambing.

Penyembelihan dan distribusi puluhan hewan qurban tersebut tersebar ke beberapa daerah di Jawa Timur, dengan jumlah keseluruhan hewan qurban yang meningkat secara signifikan seiring dengan meningkatnya kepedulian seluruh Insan PAL akan pentingnya berqurban.

Kegiatan qurban sebagai simbol perayaan Hari Raya Idul Adha memiliki keutamaan sebagai pengingat bagi kita semua, akan pentingnya meneladani ketabahan dan kesabaran Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail dalam ujian terberatnya dengan segera beralih pada ketaatan dan ketundukan atas perintah Allah SWT.

Idul Adha mencakup dua ibadah sekaligus: ibadah mahdhah, pengabdian dan pendekatan diri kepada Allah, dan ibadah sosial atau ghair mahdhah, yaitu kepedulian sosial. Peduli kepada sesama manusia dan peduli kepada sesama saudara Muslim.

Kepedulian yang membangkitkan kesadaran untuk mencintai sesama dan memberikan kebahagiaan. Melalui pemberian daging qurban, di situ ada momen kebersamaan dan persaudaraan yang dijalin dan tak putus.

“Dalam proses penyembelihan dan distribusinya, PT PAL Indonesia melibatkan sejumlah yayasan penyalur hewan qurban, panti asuhan, institusi pendidikan sekolah dasar, serta sejumlah mushola di Jawa Timur. Terdapat 25 lembaga yang turut serta dalam penyaluran qurban, beberapa sasaran distribusi dan tempat pelaksanaannya antara lain: Yayasan Pondok Pesantren Al Hidayah, Mushola Miftakhul Huda, Bakti Sosial Mahasiswa Ushuluddin Unmuh Surabaya, LazisMu Surabaya, Basnaz Jawa Timur, Yayasan Ar Rahmah, serta sejumlah lembaga lainnya,” ujar Edi Rianto selaku Sekretaris perusahaan.

Pelaksanaan penyembelihan pada kesempatan ini dimulai dengan doa bersama sebagai pembuka, yang kemudian dilanjutkan dengan agenda utama penyembelihan hewan qurban di area Masjid Baharuddin PT PAL Indonesia pada Jumat, 30 Juni 2023.

Selain penyembelihan, PT PAL Indonesia juga sekaligus turut mendistribusikan langsung daging qurban ke masyarakat yang membutuhkan, mencakup berbagai daerah baik Surabaya Utara maupun di penjuru provinsi Jawa Timur. Sementara itu, beberapa hewan qurban lainnya telah didistribusikan pada sejumlah lembaga terkait sejak Rabu, 28 Juni 2023 untuk dilangsungkan penyembelihan dan distribusi secara mandiri.

“Melalui keikutsertaan lembaga sosial dan pendidikan dalam penyembelihan dan distribusi bersama PT PAL Indonesia ini, diharapkan mampu mencapai pemerataan dalam distribusi daging qurban sesuai target dan sasaran serta dapat meningkatkan kesadaran diri bagi tiap manusia termasuk Insan PAL untuk selalu bersyukur atas limpahan rahmat dan nikmat-Nya serta mengingatkan bahwasannya apa yang menjadi milik kita tidak luput dari kuasa Allah SWT sebagai pemilik yang sebenar-benarnya,” tutup Edi Rianto.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait