Tingkatkan Sinergi BUMN Telkom Dukung Implementasi ERP INKA

oleh -153 views

Jakarta, 21 Mei 2016 Sebagai bentuk sinergi BUMN, PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom), dalam hal ini diwakili oleh Executive General Manager Divisi Enterprise Service Siti Choiriana beserta Direktur Utama PT Industri Kereta Api (INKA) Ir. H Agus Purnomo, MM melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) di Kantor Pusat INKA Madiun, Jumat (20/5). Turut menyaksikan penandatanganan kerjasama ini COO Metrasys M Hasan Salman, EVP Telkom Regional V Suparwiyanto, Direktur Keuangan & SDM INKA Mohammad Nur Sodiq, Direktur Komersial dan Teknologi INKA Yunendar Aryo Handoko, serta Direktur Produksi INKA Hendy Hendratno Adji.

Pada kesempatan berbeda, Direktur Enteprise & Business Telkom Muhammad Awaluddin menjelaskan, kerjasama sebagai bentuk sinergi antar kedua BUMN ini akan lebih mengoptimalkan kinerja kedua BUMN dan diharapkan dapat menjadi model bagi pengembangan sinergi BUMN lainnya.

Lingkup sinergi implementasi ERP INKA meliputi revitalisasi untuk 6 modul (Production Planning, Material Management, Finansial and Controlling, Project System, Sales and Distribution, Plant Maintenance), implementasi Dashboard reporting, lisensi dashboard, operational support, penyediaan colocation hardware di data center, penyediaan link antara data center dan kantor INK. Kerjasama ini tidak menutup kemungkinan dikembangkan dalam penyediaan solusi layanan ICT lainnya. .


Telkom Group sebagai BUMN provider telekomunikasi di Indonesia yakin bahwa dengan pengembangan layanan ERP ini akan mendukung visi INKA untuk menjadi perusahaan kelas dunia yang unggul di bidang transportasi kereta api dan transportasi perkotaan di Indonesia.

“Semangat sinergi BUMN ini diharapkan mampu menjadikan INKA dan Telkom Group bersama-sama menjadi Bigger (Sales & Market Size), Broader (Business Scope) dan Better (Service Quality), yang tentunya akan turut mendukung pemerintah membangun perekonomian Indonesia,” demikian harap Awaluddin.