Tinjau LRT, Menhub Puji Kinerja Walikota Palembang

  • Whatsapp

Palembang, beritaLima – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Palembang, Sumatera Selatan dalam rangka meninjau pembangunan Proyek Light Rail Transit (LRT). Proyek LRT ini menjadi salah satu program untuk mendukung Asian Games 2018 mendatang.

Melihat progres pembangunan LRT tersebut, Budi Karya langsung mengapresiasinya, karena melibihi ekspektasinya, “Progresnya sangat mengagumkan, saya yakin proyek ini akan selesai tepat waktunya, bahkan bisamenad role model di indonesia” Ujar Budi Karya.

Budi karya juga mengapresiasi kinerja dari Walikota Palembang Harnojoyo.

“Saya sangat mengapresiasi beliau ini (Walikota Palembang) memikirkan yang namanya Asian Games juga memikirkan bagaimana LRT ini bisa melengkapi perkotaan menjadi jalur utama dari konektivitas dari bandara menuju tempat pertandingan,” kata Menhub Budi Karya saat tiba di rute LRT Jembatan Ampera, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (15/10/2016).

Menhub mengatakan bahwa konsep LRT ini bagus karena mengedepankan konektivitas antar wilayah dengan memikirkan kebutuhan masyarakat juga.

“Nanti kita lihat ada bus air, bus air itu akan terkoneksi dengan namanya Kertapati, Kertapati ini adalah kereta api, nanti bisa dibayangkan sesorang yang di Lubuklinggau nah dari Bandara dia turun dari LRT terus turun pakai bus air langsung ke kereta air, langsung ke bisa ke desa-desa kecil dan atau sebaliknya langsung ke bandara, ini namanya konektivitas,” terangnya.

Didampingi Dirjen Perhubungan Darat Hubdar Kemenhub Pudji Hartanto Iskandar dan Dirjen Perkeretaapian Prasetyo, Menhub mengatakan proyek ini bisa menjadi suatu model bagaimana suatu kota mendahulukan infrastruktur agar perkembangan kota bisa dikontrol.

“Ini proyek strategis Palembang tapi sekaligus model untuk seluruh kota di Indonesia,” lanjutnya.

Dengan proyek yang besar ini, Menhub mengatakan bahwa dana yang dikeluarkan sendiri tidak sedikit dan merupakan kombinasi antara APBN dan BUMN.

“Jaraknya sendiri sepanjang 23KM, jadi LRT yang cukup panjang dan bisa mendistribusikan kepadatan dari penduduk, anggarannya sendiri kira-kira 12T,” tambahnya.

Hingga kini, Menhub memperkirakan presentase perkembangan proyek masih 20%. Mamun dia meyakini proyek ini akan menjadi model bagi berbagai infrastruktur di kota-kota lain dan memastikan bahwa LRT akan selesai sebelum Asian Games yaitu pada awal 2018 mendatang.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *