Tjahjo Kumolo : Harus Ada Peningkatan Indeks Pelayanan Publik di Labuan Bajo

  • Whatsapp

KUPANG, beritalima.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Tjahjo Kumolo mengatakan, pemerintah pusat menetapkan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur sebagai destinasi Wisata Super Premium.

Oleh karena itu, pihaknya mendorong kepada pemerintah daerah untuk meningkatkan indeks pelayanan publik di daerah itu. “Labuan Bajo sudah jadi tujuan internasional, maka pemerintah daerah, kepolisian, dan semua pihak harus siap melayani,” kata Tjahjo Kumolo, saat melakukan kunjungan kerja di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (23/10/2020).

Berdasarkan evaluasi tahun 2019 yang dilakukan Unit Kerja Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, kata Tjahjo, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Manggarai Barat, meraih kategori C (Cukup). Unit tersebut mendapat nilai 2,48 dari skala 5.

Ada enam aspek yang dinilai, yakni inovasi, konsultasi dan pengaduan, sistem informasi pelayanan publik, sarana prasarana, profesionalisme SDM, serta kebijakan pelayanan.

Nilai tertinggi yang dicapai DPMPTSP Kabupaten Manggarai Barat ada pada kebijakan pelayanan, yakni 2,95 dari skala 5. Sedangkan yang terendah, ada pada aspek inovasi, dengan nilai 1,5.

Menteri Tjahjo juga mengapresiasi beragamnya pelayanan yang diberikan Pemkab Manggarai Barat. Namun ia menegaskan, agar penyelenggara tetap taat pada hukum dan menghindari suap atau gratifikasi.

“Di sini sudah cukup bagus pada 2019, ada 1.082 perizinan. Ini sudah merupakan daerah terbuka tapi juga harus ketat dengan aturan,” tegasnya.

Sementara itu, Wagub NTT, Josef Nae Soi menyampaikan apresiasi atas perhatian Pemerintah Pusat terhadap pembangunan di Flobamorata khususnya Labuan Bajo, Manggarai Barat yang telah ditetapkan sebagai salah satu lokasi Wisata Super Premium.

“Dulu sebelum Pak Joko Widodo menjadi Presiden, daerah ini (Manggarai Barat-Labuan Bajo) kurang diminati, tapi setelah menjadi Presiden, Beliau menetapkan Labuan Bajo sebagai Destinasi Wisata Super Premium. Saya bersama Pak Gubernur turut berbangga atas kebijakan tersebut. Selamat datang Pak Menteri bersama rombongan dan selamat menikmati alam NTT,” jelas Wagub Josef.

Manggarai Barat juga menjadi salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), yang didalamnya termasuk wilayah Taman Nasional Pulau Komodo. Perkembangan KEK menjadi sebuah harapan pemulihan ekonomi nasional pasca-krisis.

Pengembangan pariwisata di daerah menjadi prioritas untuk meningkatkan ekonomi daerah yang selanjutnya berkontribusi terhadap pertumbuhan ekononi.(L. Ng. Mbuhang)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait