Tjoetjoe Sanjaja Hernanto Pimpin Kembali KAI Periode 2019 – 2024

  • Whatsapp
Kongres Nasional ke -3 di hotel Empire Palace kota Surabaya (26 -29 April 2019)

SURABAYA, beritaLima – Kongres Advokat Indonesia (KAI) menyelenggarakan Kongres Nasional ke -3 di hotel Empire Palace kota Surabaya pada tanggal 26-29 April 2019.

Kongres Nasional ke -3 di hotel Empire Palace kota Surabaya pada tanggal 26-29 April 2019

Acara pembukaan yang meriah dan megah dihadiri juga oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa timur, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa timur utusan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, wakil dari Pengadilan Tinggi Agama Jawa timur, Pangdam V Brawijaya atau yang mewakili dan pejabat dari provinsi Jawa Timur.

Kongres Nasional yang dihadiri oleh peserta dari 24 DPD KAI seluruh Indonesia ini berakhir dengan cerita yang penuh haru-biru. Pasalnya, Dari awal pembukaan acara Kongres Nasional (KN) berjalan lancar, akan tetapi memasuki sidang paripurna IV dengan agenda pemilihan Presiden KAI periode 2019-2024 sempat mengalami dead-lock dan macet beberapa kali. Mengapa? Karena proses pemilihan calon presiden KAI begitu demokratis, cair dan menegangkan.

Pantauan media ini, Ada tiga bakal calon (Balon) Presiden KAI yang diusulkan peserta Kongres yaitu Rizal Haliman, Henry Indraguna dan Tjoetjoe Sandjaja Hernanto.

Pada tiga balon, Presidium menanyakan “apakah saudara advokat Hendry bersedia memimpin KAI sebagai presiden untuk periode 2019-2024?”. ketiganya menjawab tidak bersedia dengan berbagai pertimbangan dan mengundurkan diri dari pencalonannya. Sontak, gaduhlah suasana Kongres dan ini merupakan persoalan yang sangat substantif dan serius—ternyata benar kongres akhirnya dead-lock.

Karena tak ada bakal calon yang bersedia untuk dicalonkan maka Presidium akhirnya berembuk dan menskors sidang paripurna dan meminta 24 DPD untuk berembuk dengan presidium untuk mencari solusi, jalan keluar dalam menyikapi kondisi faktual yang sedang terjadi. Maka berembuklah para ketua DPD KAI dari 24 provinsi dengan presidium untuk mencari solusi.

Dinamika pertemuan sangat mengharukan. Semua pimpinan DPD KAI menyampaikan pendapat serta uneg-unegnya dan meminta TSH untuk bersedia memimpin kembali KAI. Beberapa ketua DPD menyampaikan apabila TSH tidak bersedia untuk memimpin KAI kembali, maka mereka akan kembali ke daerah masing-masing.

Ketua DPD Sulawesi Selatan, Muhammad Israq, mengatakan “ Malam ini kami akan kembali ke Makassar jika TSH tidak mau memimpin KAI lagi”. Hal itu juga di amini Ketua DPD Papua Barat, DPD Aceh, DPD Gorontalo,

DPD Kaltim menyampaikan hal serupa bahwa mereka datang dengan berbagai sarana transportasi ke Surabaya bahkan ada yang sampai empat hari perjalanan via darat dan kapal laut hanya untuk mensukseskan Kongres Nasional KAI dan mendukung TSH untuk menjadi presiden KAI kembali. Ketua DPD NTB, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur semuanya menyampaikan aspirasinya dan menunggu reaksi Tjoetjoe Sandjaja Hernanto. Berbagai argumentasi disampaikan oleh pimpinan-pimpinan DPD tersebut.

Reaksi TSH (Tjoetjoe Sanjaja Hernanto) atas semua tanggapan 24 DPD tersebut tetap menyatakan tidak bersedia dengan menyampaikan beberapa alasan, dan terutama ia mengatakan tidak ingin dikenang sebagai pemimpin yang ingkar janji. Karena dalam kongres sebelumnya TSH pernah berjanji hanya akan memimpin KAI satu periode saja. “Saya tidak mau menjilat ludah saya lagi”, kata TSH.

Akhirnya musyawarah buntu kembali. Presidium kemudian berembuk kembali dan menyampaikan sikap bahwa kongres adalah kekuasaan dan kedaulatan tertinggi KAI. “Kita tidak mungkin mengorbankan harapan dari peserta kongres yang berjumlah 572 advokat dari seluruh pelosok negeri”, demikian dikatakan Presidium.

Akhirnya presidium harus mengambil keputusan. Keputusan presidium adalah meminta TSH untuk memimpin kembali sebagai Presiden KAI periode 2019-2024. “Itu yang akan kita putuskan sebagai keputuan kongres dalam sidang nanti. Presiden demisioner harus melanjutkan kepemimpinannya, kecuali Pak Tjoetjoe akan keluar dan berhenti sebagai anggota KAI” kata Heru S Notonegoro.

Akhirnya meskipun tahu sangat berat amanah yang diberikan, TSH harus tunduk pada keputusan Presidium Konggres olehkarenanya TSH akhirnya bersedia untuk memimpin kembali KAI sebagai presiden. Bahwa Presidium akhirnya mengambil sumpah TSH sebagai Presiden KAI periode 2019-2024. Pengambilan sumpah dipimpin oleh salah satu anggota presidium, seorang advokat senior Agus Slamet Hidayat.

Kepemimpinan Presiden KAI 2019 – 2024 akan didampingi oleh beberapa Wakil Presiden (Vice President) yaitu: Heru S Notonegoro, Umar Husin, TM. Luthfi Yazid, Aldwin Rahardian, Hendry Indraguna, Prof. Denny Indrayana, dan Pheo Marajohan Hutabarat.

(***/ An)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *