TJSL PLN Tingkatkan Produktivitas Buah Naga dan Munculkan Agro Wisata

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com | Electrifying Agriculture, penyinaran menggunakan listrik pada buah naga, berhasil mendorong peningkatan perekonomian petani yang semula hanya panen pada musim tertentu kini dapat berbuah sepanjang tahun.

Melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sekar Naga Arum, TJSL PLN pun mendorong pemberdayaan kelompok tani buah naga mampu mengelola buah naga menjadi produk olahan bernilai ekonomi serta mencetuskan wisata petik pertama kali di Banyuwangi.

Agro Wisata Petik Jeruk dan Naga Listrik yang menyuguhkan pertanian buah naga disinari lampu-lampu LED yang terletak di Pesanggaran, selatan Banyuwangi, menjadi daya tarik tersendiri.

Ketua Pokdarwis Sekar Naga Arum, Nanang, mengatakan, terhitung sudah lebih dari 35 petani, 30 UMKM pengelola buah naga dan 100 agen kerjasama travel terlibat dalam pengelolaan Agro Wisata Petik Jeruk dan Naga.

“Alhamdulillah dengan pendampingan PLN sejak tahun 2020, kami banyak diarahkan mengenai pengelolaan menjadi produk olahan, pemasaran, branding, dan seterusnya,” ucap Nanang, Sabtu (23/7/2022).

“Hingga Juni 2022 jumlah pengunjung mencapai 6.281 wisatawan baik lokal maupun domestik dari khalayak umum, public figure, maupun tokoh penting masyarakat,” terangnya.

Dipaparkan, untuk 1 hektar lahan dengan penyinaran dapat menghasilkan buah naga sebanyak 77 ton tiap tahun dengan harga per kilo berkisar antara Rp4.000,- hingga Rp30.000,-.

Tercatat sekitar 1.362 hektar lahan buah naga yang tersebar di wilayah Pesanggaran, Siliragung, Tegaldlimo, Bangunrejo, dan Purwoharjo sudah teraliri listrik. Sementara, omset saat musim panen 173 juta setelah mendapat penyinaran buah naga menjadi 764 juta atau naik 3 x lipat.

Vice President TJSL PT PLN (Persero) Agus Yuswanta memaparkan, Agrowisata Petik Jeruk dan Naga Listrik ini merupakan pelopor electrifying agriculture di Indonesia.

“Ini memang program unggulan kami. Pada tahun 2021 sudah banyak di replikasi di berbagai daerah karena sucess storynya. Kami berharap TJSL PLN ini terus membawa manfaat, membawa dampak dan perubahan dalam masyarakat ke arah lebih baik hingga berdaya sendiri karena manfaat ekonomi sudah semakin besar,” pungkasnya. (Gan)

Teks Foto: Vice President TJSL PT PLN Agus Yuswanta saat mengunjungi Agro Wisata Petik Jeruk dan Naga Listrik di Pesanggaran, Banyuwangi, Sabtu (23/7/2022)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait