TPAKD Jatim Dorong Peningkatan Produksi Kopi Bondowoso Lewat Business Matching

  • Whatsapp

BONDOWOSO, beritalima.com | Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta BPD Jawa Timur yang tergabung dalam Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Jawa Timur mengadakan “Business Matching Percepatan Akses Keuangan serta Pelatihan, Literasi dan Inklusi (PETIK) Keuangan” kepada 70 petani kopi di Bondowoso.

Kegiatan di Hotel Grand Padi Bondowoso pada Kamis (14/11/2019) ini juga dihadiri perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Agung Trihandono.

Kepala OJK Regional 4 Jawa Timur, Heru Cahyono, mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari hasil kunjungan dan audiensi ke beberapa Kelompok Tani (Poktan) di Bondowoso.

Dari hasil kunjungan tersebut, diketahui bahwa Poktan membutuhkan pembiayaan untuk peningkatan kapasitas produksi, pembangunan gudang dan pembelian dryer, sosialisasi mengenai izin ekspor dan pelatihan terkait manajemen operasional.

Menurut Asisten 1 Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Agung Trihandono, saat ini Bondowoso memiliki lahan perkebunan kopi lebih dari 14 ribu hektar yang tersebar di kawasan Gunung Ijen dan Gunung Raung.

Melalui potensi kopi yang dimiliki, Pemkab Bondowoso berupaya meningkatkan kesejahteraan warganya dengan memberikan bantuan berupa pemberian pohon kopi, pelatihan tentang cara penanaman kopi yang baik, dan pelatihan kepada para petani tentang pengelolaan keuangan agar uang hasil panen kopi tidak habis untuk dibelikan barang konsumtif.

Sebagai salah satu komoditas andalan Bondowoso, komoditas kopi menjadi salah satu sasaran dalam Program Kerja TPAKD Provinsi Jawa Timur tahun 2019. Komoditas kopi Bondowoso yang telah merambah pangsa pasar internasional terutama jenis Arabica Java Ijen atau yang lebih dikenal dengan sebutan Java Coffee, layak untuk mendapatkan perhatian dari TPAKD.

Menurut data BPS tahun 2017, produksi kopi di Bondowoso mencapai 8.670 Ton per tahun. pruduksi ini merupakan yang terbesar ke 4 di Indonesia setelah Banyuwangi, Jember dan Malang.

Oleh karena itu sebagai bentuk komitmen dalam membantu petani kopi untuk meningkatkan kapasitas produksinya, TPAKD melalui BPD Jawa Timur secara simbolis memberikan kredit pembiayaan kepada Perwakilan Poktan sebesar Rp 200 juta dan Rp 700 juta. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *