Ubah Kota Kumuh Jadi Kampung Berseri

  • Whatsapp

LUMAJANG,beritalima.com- Dengan ditandai pengguntingan untaian melati, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML. (Cak Thoriq), bersama Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M.Si. (Bunda Indah), meresmikan Kampung Berseri, di Jalan Durian RT 3 RW 6 Keluruhan Kepuharjo, Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang, Kamis (03/01/2019) siang.

Dalam sambutannya, cak Thoriq mengapresiasi kinerja masyarakat dalam menjadikan wilayah Gombleh menjadi Kampung Berseri. “Ke depan pemerintah akan berusaha membantu kampung-kampung yang ingin melakukan inovasi seperti Kampung Berseri ini. Saya berterimakasih kepada masyarakat dalam menjaga lingkungan, sehingga dapat menghadirkan Kampung Berseri di wilayah kota”, ujar cak Thoriq.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati menyerahkan satu unit Motor 3 Roda kepada ketua Kelompok Swadaya Masyarakat untuk penanganan sampah mandiri di wilayah RW 6 dan 10 Kelurahan Kepuharjo.
Sementara itu, Wakil Bupati, Bunda Indah, berharap setelah diresmikannya Kampung Berseri, masyarakat dapat mempertahankan kebersihan lingkungan. Warga tidak boleh lagi membuang sampah sembarangan, termasuk di selokan, sehingga Kampung Berseri tetap terjaga kebersihannya.

Plt. Lurah Kepuharjo, Riki Darma Putra, S.STP., berterimakasih atas kehadiran Bupati dan Wakil Bupati Lumajang yang berkenan meresmikan Kampung Berseri di Kelurahan Kepuharjo. Diharapkan dengan adanya program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) dapat membantu masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. “Semoga Kampung Berseri dapat dijadikan contoh kampung-kampung yang lain”, harap Riki Darma.

Ketua RW 6 kelurahan Kepuharjo, kecamatan Lumajang, Muhammad Bawono, menjelaskan, bahwa pada tahun 2014 kelurahan Kepuharjo khususnya wilayah Gombleh mendapat julukan kota yang kumuh. Namun, pada tahun 2018 masyarakat Gombleh berkeinginan bangkit untuk merubah image tersebut dengan membangun saluran air, pemasangan paving dan membersihkan lingkungan, sehingga terciptalah Kampung Berseri di kelurahan Kepuharjo. (Jwo)

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

www.beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *