Uji Ketahan Kotak Suara Kardus, Ternyata Mampu Menahan Berat 90 Kilo?

  • Whatsapp

BANGKALAN, Beritalima.com— Menyakinkan masyarakat yang meragukan ketahanan kotak suara Pemilu 2019 yang terbuat dari kardus, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangkalan melakukan simulasi uji ketahanan, Selasa (08/12/2018) dikantor KPU setempat.

Ketua KPU Bangkalan, Fauzan Jakfar menerangkan, akhir-akhir ini ada sebagian masyarakat yang meragukan Ketahanan kotak suara yang dibuat KPU. Oleh karena itu, pihaknya melakukan simulasi uji ketahanan kotak suara bersama Bawaslu kabupaten dan aparat keamanan.

“Tadi kita simulasi mulai dari perakitan hingga tadi saya berdiri dan duduk di atasnya, pak ketua Bawaslu tadi juga duduk diatasnya, tidak ada masalah tetap tahan,” terangnya.

Dikatakan dia, meskipun kotak suara tersebut disiram dengan air masih tetap tahan dan tidak akan rusak. “Kalau cuman terkena percikan air, disiram di pinggirnya, tidak masalah,” katanya.

“Kalau disiram diatasnya, disiram ke lubangnya, meskipun kotak suara dari besi tetap basah pak,” imbuh dia.

Fauzan menjelaskan, tugas KPU sebagai penyelenggara menindaklanjuti undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang penyelenggaraan pemilu. Disebutkan bahwa kotak suara harus terbuat dari bahan yang transparan.

Sehingga, kata dia, KPU mengimplementasikan pada pemilu 2019 kotak suara terbuat dari karton yang kedap air. “Bukan dari kardus, tapi dari karton yang kedap air,” tuturnya.

Disamping itu, Fauzan menuturkan, pada saat pendistribusian logistik pemilu, kotak suara dan surat suara dibungkus dengan plastik. Sehingga, kata dia, meskipun hujan kotak suara dan surat suara tetap aman dan tidak akan basah.

“Misalnya saat pendistribusian hujan deras, saya yakin kotak suaranya ini masih aman karena terbungkus plastik dan logistik di dalamnya juga dibungkus plastik,” tandasnya.

Senada, Ketua Bawaslu Bangkalan Ahmad Mustain Saleh menyampaikan, kotak suara yang terbuat dari karton yang kedap air tersebut ternyata mampu menahan berat 90 Kg.

“Berat badan saya kan 90 kilo, tadi saya duduki diatasnya tidak ada masalah, mampu menahan berat badan saya,” ungkapnya.

Mustain meminta, agar masyarakat tidak meragukan dan mengkhawatirkan kualitas kotak suara tersebut. “Kualitasnya terjamin, tidak perlu mengkhawatirkan,” pintanya kepada masyarakat. (Rus/ Di)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *