Uji Publik Raperda Program Siaga Kita, Walikota Berharap Saran dan Masukan

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, bakal memperluas jangkauan program Asuransi Bagi Tenaga Kerja Sektor Informal Kota (Siaga Kita).

Program jaminan sosial ini, bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan, dan bakal menjangkau ketua RT dan ketua RW di Kota Madiun.

‘’Program ini terbukti sangat membantu masyarakat. Karenanya kita perluas,’’ kata Walikota Madiun, H. Maidi, saat uji publik rancangan Perda Kota Madiun tentang penyelenggaraan program tersebut di Rumah Makan Ayam Goreng Pemuda, Selasa 27 Selasa 27 September 2022.

Perda terkait penyelenggaraan program jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian, memang harus diubah mengingat bakal ada tambahan kepesertaan. Setidaknya, akan ada tambahan 1.294 peserta dari ketua RT dan RW se Kota Madiun.

Mereka bakal mendapatkan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian sebesar Rp 18.600 perbulannya yang dibiayanya ditanggung Pemkot Madiun.

‘’Ketua RT dan ketua RW ini pekerjaannya juga berat. Berhadapan masyarakat secara langsung. Mereka ini juga harus diperhatikan,’’ tandasnya.

Sampai saat ini sudah ada lima ribu lebih pekerja sektor informal yang tercover jaminan sosial ketenagakerjaan tersebut. Pemerintah Kota Madiun mengeluarkan Rp 105 juta setiap bulan untuk pembayaran premi kepesertaan masyarakat tersebut. Jika dalam satu tahun setidaknya membutuhkan anggaran Rp 1,2 miliar.

Namun, dengan cover tersebut pekerja sektor informal bisa mendapatkan uang jaminan kematian sebesar Rp 42 juta kalau meninggal bukan urusan pekerjaan. Sedang, saat meninggal karena urusan pekerjaan santunannya sebesar Rp 48 juta. Selain itu, jika memiliki anak usia sekolah, anak peserta juga mendapatkan beasiswa sampai lulus.

‘’Ini untuk melindungi mereka dan keluarganya. Jadi saat ditinggalkan tulang punggung keluarga, beban ahli waris setidaknya sedikit teringankan,’’ pungkas Maidi, sembari meminta saran terkait Raperda tersebut. (Kmf/editor Dibyo).

H. Maidi (nomor 2) dari kiri.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait