Ulang Tahun ke-77, KAI Persingkat Waktu Perjalanan 5 KA

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Memperingati HUT-nya yang ke-77, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai Rabu (28/9/2022) akan mempercepat waktu tempuh 5 KA Jarak Jauh. KAI ingin memberikan pelayanan yang lebih baik pada pelanggan, sesuai tema ulang tahun “Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik”.

“Percepatan waktu tempuh perjalanan ini merupakan inovasi KAI agar para pelanggan dapat tiba lebih cepat di tujuan,” kata Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif, Selasa (27/9/2022). “Ini merupakan bagian dari peningkatan pelayanan KAI pada momen HUT KAI ke-77 pada 28 September 2022,” tambahnya.

Percepatan waktu tempuh perjalanan KA ini bisa sampai 30 menit. Sehingga, lanjut Luqman, para pelanggan dapat lebih efisien menggunakan waktunya dalam melakukan mobilitas keluar kota.

Kelima KA Jarak Jauh keberangkatan dari wilayah Daop 8 Surabaya yang dipercepat waktu tempuh perjalanannya itu, pertama KA Sembrani relasi Surabaya Pasar Turi – Gambir, semula waktu tempuh 9 jam 32 menit jadi 9 jam 2 menit, lebih cepat 30 menit.

Kemudian KA Bima relasi Surabaya Gubeng – Gambir, sebelumnya 11 jam 35 menit jadi 11 jam 10 menit, selisih 25 menit. Terus KA Turangga relasi Surabaya Gubeng – Bandung, semula 10 jam 49 menit jadi 10 jam 19 menit, lebih singkat 30 menit.

Berikutnya KA Harina relasi Surabaya Pasar Turi – Bandung, sebelumnya 11 jam 12 menit kini 11 jam 1 menit, lebih cepat 11 menit. Dan, KA Pasundan relasi Surabaya Gubeng – Kiaracondong, sebelumnya 14 jam 1 menit jadi 13 jam 49 menit, selisih 12 menit.

Luqman mengatakan, percepatan waktu tempuh perjalanan KA tersebut dapat terwujud melalui perbaikan prasarana oleh KAI dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dalam meningkatkan kemampuan kecepatan prasarana, diantaranya dengan pembangunan jalur ganda, peningkatan kualitas material jalan rel, meng-upgrade sistem persinyalan, merekayasa geometri lengkung, serta memperbaiki kualitas perawatan jalan rel dan jembatan.

Dengan adanya perbaikan-perbaikan yang dilakukan, kecepatan maksimal perjalanan KA meningkat dari sebelumnya 105 km per jam meningkat menjadi hingga 120 km per jam. “Namun meski ada peningkatan kecepatan, KAI selalu mengutamakan keselamatan perjalanan KA,” tukas Luqman.

Luqman juga menyampaikan, waktu perjalanan yang semakin singkat ini juga berpengaruh terhadap perubahan jadwal keberangkatan KA. Karena itu mengimbau pada calon pelanggan untuk mengecek dan memastikan kembali jam keberangkatan yang tertera di tiket.

“Berkaitan dengan peningkatan waktu tempuh tersebut kami imbau pada calon pelanggan untuk memperhatikan betul jadwal keberangkatan KA mulai 28 September 2022,” tandasnya.

“Harapannya, melalui percepatan waktu tempuh pada sejumlah kereta api tersebut, KAI akan selalu menjadi moda transportasi umum yang cepat, aman, nyaman, dan dapat selalu diandalkan oleh masyarakat,” ujar Luqman.

Selain itu, masih menurut Luqman, pada momentum peringatan HUT KA ke-77 ini, PT KAI Daop 8 Surabaya juga bekerjasama dengan para tenant yang ada di stasiun untuk memberikan diskon pada para penumpang maupun pengunjung yang berbelanja atau membeli produk pada gerai yang tersedia di Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Stasiun Malang, Stasiun Wonokromo, Stasiun Mojokerto, dan Stasiun Sidoarjo pada Rabu (28/9/2022).

Tidak hanya itu, pihaknya juga bekerjasama dengan beberapa hotel di Surabaya untuk memberikan tarif spesial pada penumpang KA jarak jauh dan menengah yang menginap, cukup dengan menunjukkan boarding pass sesuai identitasnya. Program diskon bagi penumpang yang menginap di hotel kerjasama ini berlaku mulai Rabu (28/9/2022) hingga 3 bulan kedepan. (Gan)

Teks Foto: Salah satu KA Jarak Jauh yang dipersingkat waktu perjalanannya mulai Rabu (28/9/2022).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait