beritalima.com

UMKM se-Lowokwaru malang ikuti kegiatan seminar virtual kiat UMKM

  • Whatsapp

Kota malang, Wabah Covid-19 membuat sektor ekonomi dan dunia usaha di Indonesia begitu terpukul. Banyak pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) harus ekstra kuat menghadapi bisnisnya yang serba terhambat.24/06/2020

beritalima.com

Kegiatan ini di Ikuti 25 orang pelaku usaha UMKM di kec.Lowokwaru malang,Turut hadir Ketua Paguyuban Pelaku uasaha ikan Pembudidaya dan Pengolah Kota malang Dra.Atfiah El Zam Zami,.MM.

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di tengah pandemi covid 19 UMKM Kec.Lowokwaru malang, mengikuti seminar virtual Bersama Diirektorat kantor jendral pajak jawa timur wilayah III.

Bersama Mukhammad Kholil Mahwadi,.S.Sos ,M.BA ,P.HD memberi tips-tips bagi UMKM agar dapat bertahan di tengah tekanan pandemi Covid-19. Tips-tips tersebut disampaikan dalam acara diskusi online Forum Business Development Service Online dengan Tema, “Kiat UMKM dalam mengadapi pamdemi covid 19. Survival bisnis Selama Pandemi.

Dalam sambutanya M.kholil mahwadi yang juga merupakan dosen Universitas Brawijaya Malang juga menyapaikan bahwa dampak Covid-19 dialami oleh hampir semua negara yang menjadi daerah pandemi virus mematikan itu, termasuk Indonesia. Jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia terus meningkat.

Secara global dampak Covid-19 telah merusak rantai pasokan, menjatuhkan harga komoditas, hingga meningkatnya risiko kehancuran ekonomi global. Secara domestik dampak Covid -19 telah mengurangi pengeluaran diskresioner, penutupan pabrik, hingga larangan berpergian,” ujarnya.

Untuk itu, UMKM perlu menguasai kunci atau tips untuk menghadapi hal itu. Tips Pertama, menurut M.kholil Maswadi yang akrab pak mawadi, adalah fokus pada Kepuasan pada kebutuhan konsumen. Kedua, terus berinovasi dan berkreasi, baik di level produk maupun pelayanan sesuai perubahan preferensi dan perilaku konsumen pada sa’at ini.

Ketiga, kembangkan penelitian dan pengembangan untuk meningkatkan daya tahan ketika krisis melanda. Keempat, tidak boleh cepat berpuas diri karena persaingan akan semakin keras. Kelima, persiapkan generasi berikutnya untuk menjadi pemimpin UMKM masa depan yang lebih tangguh.

Dalam kesempatan ini para peserta juga di latih bagimna caranya mengurus legalitas usaha dan penghitungan pajak penghasilan dari usahan.

“Kami sangat berterimakasih Dengan adanya Seminar Forum Business Development Service Online ini sangat mengedukasi sekali ,serta mebangkitkan semangaat untuk bangkit dari keterpurukan di tengah-tengah pandemi covid-19,” ujar (Dwi widariaty pemilik UMKM ayam krispi aneka sayur)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait