Unik Olahan Ikan Buntal Jadi Aneka Macam Keripik di Pamekasan

  • Whatsapp
Hasil olahan Ikan Buntal menjadi Keripik di Dusun Giling, Branta Pesisir, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan[Reporter Andy.k]
www.beritalima.com

PAMEKASAN, Beritalima.com | Ternyata Ikan Buntal bisa dikonsumsi dan menjadi berbagai macam olahan aneka makanan ringan seperti keripik.

Bahkan ikan buntal ini mulai dari daging, kulit, hingga tulangnya bisa dibuat segela aneka makanan seperti keripik yang dapat di konsumsi.

Bacaan Lainnya

Olahan keripik yang terbuat dari Ikan Buntal ini hanya ada di Dusun, Giling, Desa Branta Pesisir, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Mas’ud(38), warga setempat menggeluti usaha olahan Ikan Buntal tersebut sudah Satu Tahun lebih. Hingga sekarang banyak di kenal sampai ke wilayah Jawa Timur.

www.beritalima.com

“Awalnya saya mencoba dan berkriasi dengan ikan Buntal untuk di buat berbagai macam olahan keripik, hingga di buat lalapan Ikan Buntal,”katanya ketika ditemui di rumahnya. Kamis(19/03/2020) Sore.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Ditambahkan oleh pengusaha muda ikan Buntal tersebut, bahwa untuk membuat berbagai macam olahan ikan buntal menjadi Keripik Dendeng, Lalapan Krispy, Iga vugo, Vugo Rambak, perlu di teliti untuk memilih jenis ikan buntal. Dan banyak prosesnya hingga benar-benar aman untuk di konsumsi.

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Seperti halnya contoh cara pembuatan Rambak vugo, yang terbuat dari bahan dasarnya kulit Ikan Buntal. Cara memprosesnya awal ikan Buntal yang sudah menjadi pilihan direndam selama satu malam dengan air bawang putih dicampur garam lalu di jemur selama satu hari.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

“Untuk proses penghalusan duri memakai mesin grinda duduk, setelah itu dipotong sesuai keinginan, lalu di jemur kembali dan setelah cukup kering kita angkat dan di goreng,”jelasnya.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Dari usahanya itu Mas’ud, mematok harga hasil olahannya yang sudah di kemas rapi dengan harga berfariasi. Dan harganya sangat bersahabat. Mulai dari harga Rp=6000, sampai Rp= 16000 an.

www.beritalima.com

“Tenang dari hasil olahan ikan Buntal ini tidak perlu merogok isi kantong dompet anda. Cukup bagi anda datang langsung ke sini atau bisa langsung datang ke Toko-toko yang sudah ada baik di Pamekasan maupun di Sampang.,”pungkasnya Mas’ud.

www.beritalima.com

Pos terkait