Untuk Apa Pemeriksaan D- dimer test?

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr.Robert Arjuna FEAS
Kematian penderita Covid yang berjalann waktu terlalu cepat membuat para ilmuwan sedang berdebat sengit bahwa ada yang berkata oleh penyumbatan lendir disepanjang tonggorokan sampai paru walaupun sudah dibantu dengan alat ventilator namum belakang ada teori yang dikemukakan oleh kelompok ilmiuwan Rusia melalui post mortem evaluation riset terdapat penyumbatan pembuluh darah karena kekentalan darah sebab itu test D-dimer menjadi hombing untuk dilakukan test penderita covid dan selalu pasien bertanya D-dimer> 500, apa itu bahaya?

Profesor Jeffery laurence dari Fakultas kedokteran Weill Cornell Medicine di Divisi Hermatologi dan Onkologi menulis sebuah makalah di Translational Research tentang pembekuan darah yang tidak normal pada kasus Covid-19 yang parah bahwa beberapa pasien Covid-19 di ICU mengalami pembekuan darah, termasuk pembekuan darah kecil, trombosis vena di kaki, pembekuan di paru-paru, dan pembekuan darah penyebab stroke di arteri serebral.Kondisi tersebut tetap terjadi meski pasien Covid-19 telah mendapatkan perawatan intensif dan diberi obat pengencer darah untuk mencegah pembekuan darah. mereka tidak tahu persis pada tingkat keparahan kasus seperti apa yang menyebabkan pembekuan darah.kami pertama kali menyadari pentingnya masalah pembekuan darah ketika seorang pasien di ICU mengalami ruam yang tidak biasa. Biopsi kulitnya menunjukkan ada banyak gumpalan di pembuluh darah kecil Untuk mendeteksi pembekuan darah, bisa menggunakan tes D-dimer Melalui tes ini, dokter memeriksa tingkat D-dimer dalam darah.Tingkat D-dimer inilah yang akan menjadi petanda, apakah pasien mengalami pembekuan darah yang serius.
Mantan menteri BUMN Dahlan Iskan membahas istilah D-dimer dalam tulisan di blognya. Dalam tulisannya yang mengutip dari seorang pakar, Dahlan Iskan menyebut D-dimer ini sangat ditakuti para dokter yang menangani pasien COVID-19 di ICU. “D-dimer adalah munculnya ‘cendol-cendol’ di dalam darah. Lapisan protein tertentu dalam darah menyatu dengan ‘teman sejenis’ sehingga membentuk gumpalan kecil-kecil,” tulis Dahlan Iskan.

APA ITU TEST D- DIMER ?
D-dimer adalah fragmen protein yang muncul saat bekuan darah larut dalam tubuh. D-dimer ini memang diperiksa pada pasien COVID-19.dalam kondisi normal, tubuh memiliki mekanisme untuk melakukan pembekuan dan pengenceran darah. Pembekuan darah ini umumnya terjadi saat luka, untuk mencegah pendarahan terus-menerus. D-dimer dipakai untuk memeriksa apakah ada ada kelainan atau gangguan dalam mekanisme pembekuan darah.
D-dimer ini memang banyak diperiksa pada pasien yang terinfeksi virus Corona. Salah satu penyebab pembekuan darah adalah reaksi imunitas. Saat infeksi terjadi, virus SARS-CoV-2 akan menyebabkan gangguan pembekuan darah atau koagulopati.
Dr. Andi Khomeini Takdir Haruni, Sp.PD-KPsi, mengatakan bahwa tubuh manusia memiliki fragmen protein yang mendorong pembekuan darah.Dalam kondisi tertentu termasuk pada Covid-19,pasien hiperkoagulabilitas sehingga darahnya lebih mudah menggumpal.
Menurut dr. Koko, D-dimer merupakan tanda potensial terjadinya penggumpalan darah. Semakin tinggi angkanya, seseorang akan lebih rentan mengalami penggumpalan darah.dr. Koko menyampaikan, nilai D-dimer yang normal pada tubuh manusia seharusnya berada di bawah angka 0,5 miligram per liter.(500) Ia pun menyarankan agar pasien Covid-19 dipantau apakah darahnya potensial mengalami penggumpalan atau tidak.Ketika penggumpalan darah terjadi, risiko penyakit kardiovaskuler seperti serangan stroke dan serangan jantung pun meningkat.Ketika seseorang mengalami pengentalan darah yang tidak diantisipasi, bisa disusul dengan penggumpalan darah yang membentuk thrombus atau emboli,
Menurut dr. Koko, penerapan pola hidup sehat sangat berperan dalam hal ini, termasuk mengadopsi
1. pola makan bergizi dan seimbang,
2. Olahraga rutin,
3. tidak merokok.
4. Bawa suasana gembira
5. Berjenur dibawah panas matahari
6. Istirahat yang cukup
Demikian ulasan singkat tentang ekeriput pengetahuan D- dimer test untuk apa dan kapan dilakukan test ini semoga bisa menambah wawasan pengetahuan untuk anda, semoga covid cepat berlalu negara kuat ekonomi pulih rakyat hidup srntosa dan bahagia!
RobertoNews 1006 :《2. 8. 21(20.42)》
• Praktisi Dokter dan Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait