Upaya Penurunan Tindak Kekerasan Hendaknya Selaras Budaya

  • Whatsapp

KUPANG, beritalima.com – Segala upaya untuk menurunkan dan menghilangkan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak harus sejalan dengan kultur atau budaya masyarakat setempat.

Demikian dikatakan Gubernur NTT, Frans Lebu Raya pada acara Penyerahan Mobil Perlindungan Perempuan dan Anak di Ruang Rapat Gubernur, Kamis (26/1/2017) pagi.
Gubernur NTT menegaskan bahwa tindak kekerasan harus dipandang dari berbagai aspek, baik itu aspek ekonomi, sosial dan budaya.
“ Kekerasan bukan hanya persoalan Hak Asasi Manusia (HAM) tetapi juga harus ditilik dari aspek budaya. Misalnya budaya belis yang banyak dipelintir sebagai upaya jualbeli perempuan. Pandangan itu, tidak serta merta dijawab dengan menghilangkan budaya belis dalam masyarakat. Karena, sejatinya belis berkaitan dengan harga diri dan pemakluman  terhadap orang lain, bahwa wanita tersebut telah dipersunting. Sikap dan pandangan terhadap perempuan harus menjadi pemahaman bersama sehingga tercipta rasa saling menghargai”, kata Gubernur Lebu Raya.
Lebih lanjut Gubernur menghimbau jajaran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  agar melibatkan berbagai komponen masyarakat  dalam upaya meminimalisir kekerasan terhadap perempuan dan anak.
“ Ajaklah tokoh-tokoh agama dan masyarakat  untuk mendiskusikan masalah perempuan dan anak. Rangkullah kalangan media massa, agar mewartakan hal-hal positif terkait persoalan ini. Sosialisasi harus dimulai dari keluarga karena keluarga adalah fondasi dasar pendidikan”, ujarnya.

Terkait dengan bantuan mobil perlindungan perempuan dan anak sejumlah delapan unit itu, Gubernur menyatakan beberapa kriteria Kabupaten/Kota penerima bantuan. Salah – satu  kriterianya didasarkan pada kinerja dan prestasi, dalam memfasilitasi upaya penurunan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak.
“  Penilaian  ini dilakukan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak berdasarkan hasil kajian tim dari Universitas Nusa Cendana, Kupang” katanya.
Diharapkan bantuan ini menjadi pemicu bagi daerah lainnya, untuk semakin gencar menurunkan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak.
“ Gunakanlah fasilitas mobil ini dengan baik, demi memperluas jangkauan pelayanan dan sosialisasi pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak”, pungkas Gubernur berharap.
Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi NTT, Maria Bernadeth Usboko menyatakan, pemberian mobil tersebut bertujuan untuk mengurangi tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak.
“ NTT patut berbangga karena mendapatkan bantuan lebih banyak dibandingkan dengan provinsi lainnya. Selain bantuan delapan mobil, ada juga bantuan operasional berupa dua unit motor yang sementara dalam perjalanan. Mobil-mobil ini dilengkapi dengan fasilitas kesehatan standar, genset dan alat-alat sosialisasi seperti layar dan LCD. Ada opetrator khusus yang telah dilatih oleh kementerian untuk mengoperasikan mobil ini”, kata Erni Usboko menambahkan.

Dia meyakini bahwa seluruh kabupaten di NTT nantinya akan mendapat bantuan serupa. Adapun kedelapan mobil tersebut diberikan kepada Pemerintah Provinsi NTT, Kota Kupang, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Belu, Rote Ndao, Sumba Timur dan Manggarai.
Setelah diadakan upacara penyerahan kunci secara simbolis kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Kupang, Gubernur berkenan melihat langsung berbagai fasilitas mobil perlindungan perempuan dan anak tersebut.
Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dari tujuh kabupaten/kota penerima bantuans bersama pejabat  struktural Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi NTT. (Ang)

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *