Vitamin D3 Untuk Apa ?

  • Whatsapp

Oleh:
DR.dr. Robert Arjuna FEAS*
DI era pandemi yang berkepanjang semua vitaminpun dikomsumsi oleh masyarakat secara bruta tanpa melihat mana yang benar dan mana yang berfaedah bahkan dosispun dminum sesukanya ,karena naras teman ikut minum vit D3 beli banyak untuk diminum, sebagian pula mendengarkan bahwa harus berjemur ,ada teori bilang jemur pagi yaitu 06.00-08.00 ada teori mengatakan berjemur saat mentari diatas kepala yakni 12.00-14.00. Yang benar adalah siang hari matahari sedang terik sekitar 12.00-14.00 cukup 20 menit jangan lamananti hulit gosong hitam dan jelek ujar bu Sulis pada dokter saat dia lagi berjemur matahari.

Dalam kegiatan sehari hari menghadapi penyinaran matahhari secara tak langsung mendapat asupan vit D3 yangg memiliki berjuta manfaat bagi kesehatan tubuh.,bila kita bandingkan sama kuli pelabuhan yang berlapang dada terpapar dengan sinar matahari,walaaupun badan hiitam me gkilat namum secaraa pisik mereka jauh lebih sehat dari kita karena terpapar oleh matahari menganndung i vit D3 dari matahari.
Pada umumnya semua orang hanya tahu ada Vitamin C,, Vitamin B komples tapi pe getahuan tentang nama Vitamin D baru kali ini kedengaran.Viitamin ada yang larut dalam air seperti vitamin B dan C. Sedangkan Vitamin yang larut dalam lemak adalaah vitamin A,D,E,K

Vitamin D dibuat oleh tubuh saat kulit terpapar sinar matahari. Tabir surya, pakaian pelindung paparan sinar matahari yang terbatas, kulit gelap, dan usia dapat mencegah pembentukan vitamin D dari sinar matahariVitamin D merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak. Secara kimiawi, bentuk aktif dari vitamin D ada 2, yaitu
A. VITAMIN D2 atau ergokalsiferol hanya ditemukan pada makanan dari jenis tumbuh-tumbuhan tertentu, seperti jamur.sedangkan
B. VITAMIN D3 yang disebut kolekalsiferol terbentuk secara alami ketika kulit Anda terkena sinar matahari langsung. Selain itu, vitamin D3 juga dapat dijumpai pada makanan yang berasal dari hewan, seperti:Ikan laut, seperti salmon, tuna, dan tongkol,Minyak ikan dan minyak hati ikan kod telur ayam Susu dan olahannya, seperti keju dan yoghurt.Hati sapi.Sereal atau jus buah yang diperkaya vitamin D3.vitamin D3 dapat membantu tubuh Anda menyerap kalsium dan fosfor. Asupan vitamin D, kalsium, dan fosfor penting untuk membangun dan menjaga tulang yang kuat.Salah satu kegunaan Vitamin D3 adalah untuk mengobati dan mencegah gangguan tulang (seperti rakhitis dan osteomalacia)

Vitamin D3 juga digunakan dengan obat lain untuk mengobati rendahnya tingkat kalsium atau fosfat yang disebabkan oleh gangguan tertentu (seperti hipoparatiroidisme, pseudohipoparatiroidisme, kelompok hypophosphatemia)Obat ini juga dapat digunakan pada penyakit ginjal untuk menjaga kadar kalsium yang normal dan memungkinkan pertumbuhan tulang yang normal. Vitamin D3 tetes (atau suplemen lainnya) diberikan kepada bayi yang sedang diberi ASI karena ASI biasanya memiliki kadar vitamin D yang rendah.
Vitamin D baik dalam bentuk vitamin D2 maupun vitamin D3 juga dapat digunakan sebagai pengobatan dan pencegahan terhadap beberapa penyakit, antara lain:
1. Mengobati dan mencegah Rakitis( kelainan pertumbuhan tulang pada anak-anak) & Osteomalacia(kelainan pada tulang yang membuat tulang menjadi lunak dan mudah patah)
2. Mencegah osteoporosis( keropos tulang )1sering terjadi pada seperti gagal ginjal kronis, 3.
3. Menjaga tidak terjadi gagal ginjal kronis yang lbih serous,banyak pasien gagal ginjal yang mengalami kekurangan vitamin D.
4. Mengobati gangguan kelenjar paratiroid karena paratiroid berfungsi untuk mengatur kadar kalsium di dalam tubuh,sehinngga tubuh akan menghasilkan lebih banyak vitamin D secara alami untuk menyerap kalsium lebih banyak.

EFEK SAMPING:
Mengenai dosis obat Vitamin D3 sangat tergantung pada usia dan perlu diperhatikan beberapa efek samping akibat terlalu banyak mengonsumsi vitamin D3 adalah: merasa lelah, lemah, dan lesu,mengantuk,sakit kepala, nafsu makan menurun, mulut kering atau terasa seperti logam, Mual atau muntah.Tidak semua orang mengalami efek samping ini. ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter andw
Beberapa hal yang harus yang perlu di ketahui sebelum mengonsumsi vitamin D3 adalah:
1. Hypercalciumia, kondaisi tubuh kelebihan Calcium.
2. Hypervitaminosis D,komdisi tubuh kelebihan Vit D yang tinggi
Beberapa kondisi kesehatan yang mungkin dapat berinteraksi dengan penggunaan vitamin D3 adalah:
1. Penyakit jantung
2. Penyakit ginjal
3. Elektrolit yang tidak seimbang dalam tubuh
Obat-obat seperti cholestyramine / colestipol, minyak mineral, orlistat dapat menurunkan penyerapan vitamin D. Pisahkan penggunaan obat ini selama mungkin dari penggunaan vitamin D (minimal terpisah 2 jam, lebih lama jika mungkin) Sekilas info, semogaa bermanfaat.
RobertoNews 1442《4.6.22(06.00)》
*Praktisi Dokter dan Penulisn Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait